Licin Prioritaskan Pembangunan Sarana Lingkungan

PAPARKAN: Kepala Desa Licin, Zulkifli M Ridwan saat memberikan penjelasan kepada Sumeks terkait realisasi pene
PAPARKAN: Kepala Desa Licin, Zulkifli M Ridwan saat memberikan penjelasan kepada Sumeks terkait realisasi penerapan Dana Desa tahap I tahun 2024 di desanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Realisasi Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2024 di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka dialokasikan pada kegiatan pembangunan sarana lingkungan dan pemberdayaan warga.

“Pertama kegiatan pembangunan yang sudah direalisasikan yaitu perbaikan jalan Cipanteuneun RW 07 dengan panjang 140 meter lebar 3,2 meter dengan material Hotmix,” ucap Kepala Desa (Kades) Licin, Zulkifli M Ridwan Kepada Sumeks, kemarin.

Kemudian, lanjut Kades, kegiatan pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di Dusun Margamukti  RW 04 dengan volume panjang 45 meter, tinggi 80 Centimeter, serta pembangunan saluran irigasi dengan panjang 200 meter tinggi 80 Centimeter lebar 1 meter. Kegiatan tersebut masuk kepada program kegiatan ketahanan pangan untuk mengairi persawahan di wilayah setempat.  “Dari DD tahap I ini, ada juga yang dialokasikan pada kegiatan perbaikan jalan gang lingkungan di  RW 01 dan RW 06 dengan material rabat beton, serta pembuatan sumur resapan di Dusun Kojengkang RW 10 dan Dusun Cipateuneun RW 07,” ucap Kades.

Baca Juga:Herman Tindak Tegas Pelaku PungliRem Blong, Dua Wanita Terlibat Kecelakaan

Lebih jauh, Kades mengatakan, di samping kegiatan pembangunan fisik anggaran DD tahap 1 ini ada yang realisasikan juga pada legiatan pemberdayaan seperti   musyawarah atau (LPPD) tahun 2023, BLT DD, serta pembagian Insentif bagi RT RW, guru ngaji, guru paud, Kader PKK desa serta Linmas.

Kades berharap, dengan adanya realisasi Dana Desa yang di alokasikan pada  bidang pembangunan infrastruktur perekonomian warga bisa meningkat.

“Karena dengan bagusnya infrastruktur perekonomian juga akan lancar dan dengan pembuatan sumur resapan untuk mengurangi dampak di daerah yang rawan banjir,” ujarnya.

“Dan dimbau juga bagi warga untuk ikut berpartisifasi dalam merawat infrastruktur tersebut, seperti apabila ada batu yang jatuh kesaluran drainase di jalan tolong dibersihkan. Jangan sampai pas datang hujan air tersumbat oleh batu dan meluap ke jalan yang menyebabkan jalan cepat rusak,” pungkas Kades. (ahm)

0 Komentar