Silaturahmi Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan Sumedang

Silaturahmi Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan Sumedang
Silaturahmi Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan Sumedang(sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Silaturahmi Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan Sumedang, Menguatkan Persaudaraan di Tanah Sumedang.

Pada Sabtu, tanggal 4 Mei 2024, sebuah momen istimewa terjadi di Gedung Negara, Sumedang.

Masyarakat Aceh yang tergabung dalam Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (Kamaba) menyelenggarakan silaturahmi akbar, yang juga diisi dengan ziarah ke makam salah satu pahlawan nasional Aceh, Cut Nyak Dhien, yang bersemayam di Gunung Puyuh, Sumedang.

Baca Juga:Temukan Ketenangan di Wisata Kebun Teh Margawindu SumedangMenikmati Keindahan Budaya Lokal: Festival Sawah di Desa Baginda Sumedang

Silaturahmi Keluarga Masyarakat Aceh Bandung dan Sumedang

Kehadiran Kamaba disambut hangat oleh Penjabat Sekretaris Daerah, Tuti Ruswati, yang dengan penuh kehangatan mengucapkan selamat datang kepada para tamu dari Bandung.

Tuti Ruswati juga membanggakan salah satu putri terbaik Aceh, Ibu Hj Marlina, yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan Sumedang, menjabat sebagai Camat Sumedang Selatan dan Pelaksana Harian (Plh) Camat Sumedang Utara.

Srikandi pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien, yang kini bersemayam di tanah Sumedang, menjadi simbol kekuatan hubungan historis antara Sumedang dan Aceh.

“Sumedang dan Aceh sudah seperti saudara karena kami merawat makam Cut Nyak Dhien, tempat peristirahatan terakhirnya,” ungkap Tuti.

Silaturahmi ini bukan sekadar pertemuan biasa. Ini adalah momen penting untuk mengokohkan tali persaudaraan antara masyarakat Aceh dan Sumedang.

Tuti berharap momen ini menjadi landasan baru untuk membangun sinergi dan kolaborasi dalam mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia, terutama dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Tak hanya itu, Tuti juga mengharapkan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terus menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Aceh, sambil belajar dari kekayaan budaya dan adat istiadat Aceh.

Baca Juga:Membangun Kepemimpinan Transformasional Bagi Generasi Muda: Pengalaman dari Event Festival Pelajar SumedangPKS Sumedang Gelar Konsolidasi Internal Partai dan Silaturahmi, Sekaligus Halal-bihalal

Ketua Umum Kamaba, Zoelkifli M Adam, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang atas dukungan yang diberikan. Menurutnya, warga Kamaba di Bandung Raya tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat, termasuk Sumedang, yang menjadi rumah bagi sekitar 50 anggota Kamaba.

Dengan jumlah sekitar 7000 kepala keluarga, masyarakat Aceh di Bandung dan sekitarnya yang tergabung dalam Kamaba telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Jawa Barat, memberikan warna dan kekayaan budaya yang memperkaya tanah kelahiran mereka.

0 Komentar