Sinergi Kabupaten Sumedang dan Kuningan dalam Pengadaan Mangga Gedong Gincu

Sinergi Kabupaten Sumedang dan Kuningan dalam Pengadaan Mangga Gedong Gincu
Sinergi Kabupaten Sumedang dan Kuningan dalam Pengadaan Mangga Gedong Gincu
0 Komentar

sumedangekspres – Sinergi Kabupaten Sumedang dan Kuningan dalam Pengadaan Mangga Gedong Gincu.

Kerja sama antar daerah merupakan langkah strategis dalam meningkatkan potensi ekonomi dan pembangunan. Kabupaten Sumedang dan Kuningan telah menjalin kemitraan yang signifikan dalam pengadaan mangga Gedong Gincu untuk ekspor ke Jepang. Dalam upaya memenuhi permintaan akan mangga tersebut, kedua pihak telah bekerja sama secara intensif.

Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki lahan kebun mangga Gedong Gincu seluas sekitar 7 ribu hektare, sedangkan Kuningan memiliki sekitar 6 ribu hektare. Melalui kesepakatan kerja sama, ketersediaan mangga Gedong Gincu dapat dipastikan, memenuhi permintaan pasar ekspor, terutama di Jepang.

Baca Juga:Kang Hery Menyongsong Masa Depan Sumedang Melalui DPD PAN: Sebuah Persatuan HarapanKang Hery: Langkah Awal Membangun Harapan di Pemilihan Kepala Daerah Sumedang 2024

Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menyatakan komitmennya dalam kerja sama ini saat bertemu dengan Pj Bupati Kuningan, HR Iip Hidajat, di Pendopo Kabupaten Kuningan pada Sabtu malam (11/5/2024). “Kami bekerja sama dengan Jepang untuk mengekspor mangga Gedong Gincu. Kami juga menjalin kerja sama dalam bidang revolusi putih, saling suplai susu,” ungkapnya.

Menurut Yudia, kunjungan ke Kuningan bukanlah tanpa alasan. Ia dan rombongan dari Sumedang sengaja melakukan pertemuan untuk memetakan potensi daerah secara bersama-sama. “Kami ingin mendorong kerjasama antar daerah dalam hal peningkatan ekonomi, penyelenggaraan pemerintahan, dan tata kelola pemerintahan yang kolaboratif. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah dan pengendalian inflasi,” paparnya.

Yudia juga mengungkapkan bahwa sebelumnya, Pemda Kabupaten Sumedang dan Kuningan telah menggagas kerja sama dengan pemerintahan sebelumnya. “Saya datang ke Kuningan ini ingin lebih mengkongkritkan MOU itu dan lebih ingin sama-sama meningkatkan pendapatan daerah. Ada satu potensi di dua kabupaten yang memiliki komoditas unggulan mangga Gedong Gincu,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kuningan, HR Iip Hidajat, menekankan pentingnya kesepahaman dalam pertemuan tersebut untuk mencapai tujuan yang sama. “Poin penting dalam pertemuan ini adalah mencoba menyamakan persepsi dalam pemerintahan dan mengadakan kolaborasi. Ketika dalam pemerintahan ada beberapa langkah yang bisa dikerjasamakan, mengapa tidak dirintis kembali untuk kebermamfaatan bagi kedua kabupaten,” tandasnya.

Demikian pembahasan mengenai Sinergi Kabupaten Sumedang dan Kuningan dalam Pengadaan Mangga Gedong Gincu.***

0 Komentar