432 Jemaah Calon Haji Asal Sumedang Berangkat di Gelombang Pertama

Foto: Dok Humas Sumedang
Foto: Dok Humas Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Sebanyak 432 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Sumedang yang tergabung Kloter 8 resmi dilepas Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli di Gedung Negara, Sabtu pagi (18/5/2024).

Jemaah diberangkatkan menuju Asrama Haji Embarkasi Indramayu dan akan diterbangkan dari Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati Majalengka pada Minggu malam (19/5).

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, jemaah calon haji patut bersyukur dan berbahagia karena pada tahun ini menjadi tamu istimewa Allah SWT di tanah suci. 

Baca Juga:Jadikan Masjid Sebagai Sentral Pemberdayaan UmatDesa Sukasirnarasa Rancakalong Terbaik III Nasional Program GKSTTB

“Alhamdulillah perjalanan panjang penuh penantian dan persiapan telah dilalui menuju ke Tanah Suci,” ujarnya. 

Ia mengatakan, ibadah haji merupakan amal yang mulia karena terdapat banyak hikmah yang didapatkan setelah melaksanakannya yang tidak diragukan lagi. 

“Salah satunya tercantum dalam Hadis Riwayat Bukhari nomor 1519 yang menjelaskan bahwa haji adalah amalan yang paling utama, bahkan bagi orang yang berhaji Allah SWT berjanji untuk menghapuskan seluruh dosa-dosanya sejak dilahirkan sampai selesai melaksanakan haji,” ujarnya.

Sebelum berangkat Pj. Bupati berpesan kepada jemaah calon haji agar menjaga kesehatan dan kebugaran fisik selama perjalanan di tanah suci, dan mematuhi semua peraturan dan pedoman yang ditetapkan Pemrintah Arab Saudi dan Kementerian Agama.

“Jaga nama baik Kabupaten Sumedang dan bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan moral selama di Tanah Suci,” ucapnya. 

Para jemaah juga diminta memanfaatkan momen ibadah haji dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta memperbanyak doa dan amalan manasik dengan khusu dan penuh penghayatan.

“Tiada kata lain kami semua mendoakan Bapak Ibu sekalian untuk beribadah haji, semoga menjadi haji mabrur,” ujarnya.

Baca Juga:Blusukan ke Rancakalong, Pj Bupati Yudia Temui Warga Kurang MampuPj Bupati Yudia Tinjau Program Starbak di Rancakalong

Ketua PPIHD Hamzah Rukmana yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama Sumedang menyampaikan, b

berdasarkan keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Indonesia Nomor 83 tanggal 9 Januari 2024 calon jemaah asal Sumedang yang telah melunasi BPIH sampai tanggal 4 April 2024 sebanyak 947 orang.

“Setelah masa pelunasan tahap satu dan dua, calon jemaah haji yang diberangkatkan dari Kabupaten Sumedang sebanyak 881 orang karena mutasi dan pindah domisili,” tuturnya. 

0 Komentar