Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunikasi

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Upaya Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunika
Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Upaya Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunikasi yang Humanis dan Strategis
0 Komentar

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Upaya Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunikasi yang Humanis dan Strategis

sumedangekspres KABUPATEN BANGKA—Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelaskan, diplomasi militer, khususnya yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), memainkan peran vital dalam menjaga stabilitas regional dan internasional. 

Untuk memaksimalkan efektivitas diplomasi ini, TNI AL perlu mengembangkan kemampuan komunikasi yang humanis dan strategis. “Beberapa pendekatan mesti dilakukan. Misalnya dalam aspek pemahaman budaya dan bahasa yakni bagaimana meningkatkan kemampuan personel TNI AL dalam memahami budaya dan bahasa setempat bahkan negara-negara lain adalah langkah awal yang penting,” ujar Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat itu.

Baca Juga:Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Personel Kepolisian Airud Harus Memastikan Hukum DitegakkanDr Aqua Dwipayana Tegaskan Membuka Saluran Komunikasi Secara Optimal Memastikan Proses Umpan Balik

Kiprah rangkaian silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi yang dijalankan Pakar Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana di Provinsi Bangka Belitung terus berlanjut. Setelah sebelumnya berbicara kepada ratusan mahasiswa di Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Kelautan Universitas Bangka Belitung, pada Selasa 14 Mei 2024, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut berbicara di lingkungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada 125 peserta dari unsur angggota Lanal serta ibu-ibu anggota Jalasenastri. Dr Aqua Dwipayana  menyampaikan sharing bertema “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi yang Humanis dan Strategis Guna Memaksimalkan Diplomasi TNI Angkatan Laut”. 

Sharing dilaksanakan di Mako Lanal Bangka Belitung, Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan dilangsungkan sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Dalam paparan  Dr Aqua Dwipayana menjelaskan, diplomasi militer, khususnya yang dilakukan oleh TNI Angkatan Laut memainkan peran vital dalam menjaga stabilitas regional dan internasional. 

“Oleh karena itu harus terus diintensifkan pelaksanaan kursus bahasa asing yang relevan dengan wilayah operasi TNI AL. Selain itu, program pelatihan yang fokus pada pemahaman budaya, norma, dan kebiasaan negara-negara mitra,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indoensia (ISKI) Pusat itu juga menekankan upaya peningkatan kemampuan berkomunikasi yang sangat penting dalam diplomasi. “TNI AL harus memastikan bahwa personelnya memiliki keterampilan komunikasi yang baik melalui pelatihan komunikasi interpersonal guna mengembangkan keterampilan dalam menyimak aktif, berbicara dengan jelas, dan membangun hubungan yang baik,” kata sosok penghobi silaturahim ini.

0 Komentar