Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunikasi

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Upaya Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunika
Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Tegaskan Upaya Diplomasi TNI Angkatan Laut Membutuhkan Kemampuan Komunikasi yang Humanis dan Strategis
0 Komentar

Penulis buku super best seller Triogi The Power of Silaturahim ini juga menyinggung tentang urgensi teknik negosiasi. Para personel Lanal harus diikutsertakan dalam keterampilan teknik-teknik negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan. Juga teknologi informasi  yang dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dan diplomasi.

Platform DigitalDr Aqua Dwipayana lebih lanjut menjelaskan tentang perlunya sebuah sistem informasi yang terintegrasi.  Hal ini termasuk platform digital untuk koordinasi dan komunikasi yang cepat dan aman. Media sosial dan publikasi  untuk menyebarkan informasi dan membangun citra positif TNI AL.

“Namun demikian, hal terpenting adalah penekanan pada pendekatan humanis dalam diplomasi. Hal ini berarti menunjukkan empati dan perhatian terhadap kepentingan dan kebutuhan pihak lain. Ini bisa dicapai melalui pelibatan TNI AL dalam misi bantuan kemanusiaan di wilayah yang membutuhkan, yang dapat meningkatkan citra positif dan membangun hubungan yang kuat,” ucap pria yang sudah berkeliling Nusantara dan mancanegara melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Baca Juga:Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Personel Kepolisian Airud Harus Memastikan Hukum DitegakkanDr Aqua Dwipayana Tegaskan Membuka Saluran Komunikasi Secara Optimal Memastikan Proses Umpan Balik

Selain itu, Dr Aqua Dwipayana melanjutkan, juga perlu terus digalang kerjasama internasional.  Program latihan bersama dan kerjasama dalam bidang keamanan maritim dengan negara-negara lain, untuk menunjukkan komitmen terhadap keamanan regional. Partisipasi aktif dalam forum-forum internasional yang juga dapat meningkatkan profil dan pengaruh TNI AL di dunia. 

“Menghadiri dan berpartisipasi dalam konferensi, seminar, dan workshop internasional yang relevan. Bergabung dalam operasi atau misi multilateral di bawah naungan organisasi internasional seperti PBB juga sangat strategis. Yang terpenting juga terus-menerus mengevaluasi dan mengambil feedback dari setiap aktivitas diplomasi untuk memperbaiki pendekatan dan strategi ke depan,” kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan. 

Bapak dua anak ini kemudian mengulas tentang upaya analisis kinerja yakni melakukan evaluasi terhadap misi-misi diplomasi sebelumnya untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan. Mengambil umpan balik dari negara-negara mitra untuk memahami perspektif mereka dan menyesuaikan pendekatan yang lebih efektif.

“Pada akhirnya, dengan menggabungkan kemampuan komunikasi yang humanis dan strategis, TNI Angkatan Laut dapat memaksimalkan efektivitas diplomasi militernya. Pendekatan ini tidak hanya membantu dalam membangun hubungan yang kuat dengan negara-negara lain tetapi juga memperkuat posisi Indonesia di panggung internasional sebagai negara yang proaktif dan berkomitmen terhadap perdamaian dan stabilitas global,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

0 Komentar