9 Fakta Unik Kota Bandung, Menyimpan Sejarah dan Tempat Wisata Destinasi yang Menarik

Kota Bandung
Kota Bandung Menyimpan Fakta Unik dari Segi Destinasi dan Sejarah nya
0 Komentar

sumedangekspres – 9 Fakta Unik Kota Bandung, Menyimpan Sejarah dan Tempat Wisata Destinasi yang Menarik

Siapa yang tidak kenal dengan Bandung? Ya, kota yang berdiri pada 25 September 1810 ini telah menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia serta dunia. Ada begitu banyak momen bersejarah penting yang terjadi di kota ini. Selain itu, kota yang berjuluk kota Kembang ini juga menjadi salah satu kota tujuan wisata dan pendidikan. Lantas, apa saja fakta unik Kota Bandung lainnya? Berikut ulasannya:

Fakta Unik Kota Bandung yang Wajib Kamu Tahu

1. Asal Mula Bandung: Kota Bandung dipercaya berasal dari aliran lava Gunung Tangkuban Perahu yang terbendung di Sungai Citarum, sehingga daerah tersebut disebut Bandung, yang berasal dari “Bendung” atau “Bendungan”. Menurut filosofi Sunda, nama Bandung berasal dari “ngaBandungan Banda Indung”, yang artinya segala sesuatu yang ada di alam hidup atau berada di atmosfer dan bumi. 

Baca Juga:Jadwal SIM Keliling Sumedang hari ini, Jumat 24 Mei 202410 Macam Tanaman yang direkomendasikan Budidaya Hidroponik

2. Kota Kembang dan Paris van Java: Bandung mendapat julukan Kota Kembang karena keindahan alamnya yang dihiasi oleh banyak pohon dan bunga. Selain itu, julukan “Paris van Java” merujuk pada gaya fashion dan arsitektur kota yang mirip dengan Paris pada awal abad ke-20.

3. Pusat Fashion: Bandung merupakan pusat fashion Indonesia dengan banyaknya brand terkenal dan produk fashion berkualitas dengan harga terjangkau. Kota ini juga menjadi destinasi wisata belanja favorit.

4. Ibukota Asia Afrika: Bandung menjadi ibu kota Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955, yang menghasilkan “Dasasila Bandung”. Bandung dijuluki sebagai “ibu kota” Asia Afrika oleh Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India.

5. Bandung Lautan Api: Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946, di mana penduduk Bandung membakar rumah mereka sendiri untuk mencegah penggunaan kota sebagai markas Belanda dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

6. Perguruan Tinggi Terbaik: Bandung memiliki perguruan tinggi terbaik di Indonesia, seperti BINUS @Bandung, yang terkenal dalam survei lembaga pemeringkatan internasional.

7. Kota Film: Bandung dikenal sebagai kota film sejak penayangan film pertama Indonesia, “Lutung Kasarung”, pada tahun 1929. Festival film Bandung juga menjadi ajang penghargaan industri perfilman.

0 Komentar