Jalan Tomo-Jatigede Mulus: Kunjungan Wisata Meningkat

BERKUNJUNG: PJ Bupati Sumedang, Yudia Ramli saat meninjau perbaikan jalan Tolengas Jatigede, belum lama ini.
ISTIMEWA, BERKUNJUNG: PJ Bupati Sumedang, Yudia Ramli saat meninjau perbaikan jalan Tolengas Jatigede, belum lama ini.
0 Komentar

sumedangekspres – TOMO – Ruas jalan Tolengas menuju Jatigede terus digeber perbaikannya. Jalan menuju ke kawasan wisata Bendungan Jatigede ini diperbaiki oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung Kementerian PUPR.

Kepala Desa Jembarwangi, salah satu wilayah yang dilintasi perbaikan jalan Tolengas Jatigede, Pitriani Dewi membenarkan di wilayahnya sedang ada perbaikan jalan Tolengas menuju Jatigede. 

“Perbaikan jalan yang telah beres dilakukan antara wilayah  Darmawangi sampai Sangiangbeuheung, batas antara Kecamatan Tomo dan Jatigede,” ujarnya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:Gelaran Internasional KTT WWF Ke-10 di Bali Selesai, PLN Sukses Kawal Kelistrikan Tanpa KedipHujan Deras Picu Longsor di Pamulihan: Tiga Rumah Rusak

Sementara itu, menurutnya dari arah Sangiangbeuheung menuju Cijeungjing Kecamatan Jatigede  masih parah. Kalau wilayah Tomo tinggal ruas Darmawangi-Marongge-Tolengas.

“Saya berharap perbaikan juga dilakukan ke jalan pelosok. Terutama, ke Museum Lembah Cisaar,” jelasnya. 

Dia mengatakan perbaikan jalan Tolengas Jatigede bisa lebih meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, akses ke lokasi pendidikan dan wisata lebih lancar.

“Mudah-mudahan mudik Idul Adha sudah lancar,” katanya. 

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau langsung perbaikan jalan mengatakan anggaran untuk perbaikan jalan Tolengas Jatigede mencapai Rp 40 miliar.

Menurutnya, jalan Tolengas-Jatigede panjangnya sekira 14 kilometer. Adapun jalan yang sedang diperbaiki sepanjang 7 kilometer.

“Sebenarnya bentangan jalan ini sepanjang 14 kilometer, namun sekarang yang sedang diperbaiki oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR ini sepanjang 7 kilometer,” ujar Yudia Ramli dikutip melalui laman resmi Pemkab Sumedang, baru-baru ini.

Dengan diperbaikinya jalan Tomo-Jatigede ini, Yudia Ramli berharap akses menuju dan dari kawasan wisata Jatigede jadi lebih mudah.

Baca Juga:Pekerja Meninggal Tersengat Listrik di Jatinangor, Enam Lainnya TerlukaBanjir Melanda Dusun Pangjeleran Padasuka

“Mudah-mudahan akan mempermudah akses destinasi wisata. Tentunya ini akan berindikasi pada meningkatnya perekonomian di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Jalan Tolengas-Jatigede mengalami rusak parah karena digunakan untuk akses angkutan material dari Gunung Julang Cisitu, untuk pembangunan Bendungan Cipanas. Perbaikan jalan tersebut dilakukan secara bertahap sejak tahun 2022, 2023, dan ditargetkan mulus pada tahun 2024 ini. (bim)

0 Komentar