Tim Riset Geulis Unpad Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi kepada Perempuan Pekerja

uru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Yudi Mulyana Hidayat memaparkan mengenai kesehatan reproduksi dalam
uru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Prof. Yudi Mulyana Hidayat memaparkan mengenai kesehatan reproduksi dalam kegiatan bertajuk “Caring-Sharing-Screening Kanker Payudara dan Kanker Rahim” yang digelar di Teater Pengetahuan, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (7/6/2024).
0 Komentar

sumedangekspres, Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sedunia, Tim Riset Geulis Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Caring-Sharing-Screening Kanker Payudara dan Kanker Rahim” yang digelar di Teater Pengetahuan, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (7/6/2024).

Ketua Tim Riset Geulis Dr. Puspa Sari. M.Keb., mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan bagian dari riset yang sudah dilakukan sejak tahun 2023 lalu. Berdasarkan riset yang telah dilakukan itu didapatkan hasil bahwa masih banyak wanita khususnya yang bekerja belum memahami tentang kesehatan reproduksi.

Selain karena waktu yang dimiliki oleh wanita yang bekerja itu relatif terbatas, kurangnya informasi mengenai pentingnya deteksi dini dan pandangan masyarakat yang melihat tidak perlu melakukan screening dalam keadaan sehat menjadi salah satu hambatan yang dihadapi wanita untuk memahami kesehatan reproduksi.

Baca Juga:Pj Bupati Yudia Bagikan Bibit AyamRumah Sekaligus Madrasah Milik Umi Dapatkan Bantuan Rehab Rutilahu

“Jadi selain riset kita itu ingin melakukan pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang internal dulu di Universitas Padjadjaran, setelah internal baru keluar,” ujar Puspa.

Puspa menyampaikan ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada acara tersebut, seperti pemberian materi mengenal kanker payudara dan kanker serviks, berbagi pengalaman bersama survivor kanker, serta screening pemeriksaan gula darah dan pap smear yang dilakukan secara gratis.

Melalui pelaksanaan kegiatan yang mengangkat tema caring, sharing, dan screening ini Puspa berharap dapat menjadi salah satu media penyampaian informasi mengenai kesehatan reproduksi wanita. Selain itu, Puspa juga berharap agar semua wanita dapat lebih peduli terhadap kesehatan reproduksinya masing-masing dan semangat menjalani gaya hidup sehat serta melakukan deteksi dini.

“Jadi diharapkan para pekerja khususnya perempuan atau wanita itu nanti geulis (cantik). Bukan hanya geulis penampakan geulis saja, tetapi ada waringkas, kemudian getol, kemudian alus, kemudian mereka juga bersyukur,” kata Puspa.

Puspa menyampaikan bahwa Tim Riset Geulis selalu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak dalam setiap melaksanakan kegiatan.

“Tim Riset Geulis, Alhamdulillah selalu di-support oleh Kaprodi D-4 Kebidanan, Kepala Pusdi SKIP-Nakes FK Unpad dan Dekan FK Unpad dan Direktur SDM Unpad dalam setiap kegiatan,” jelasnya.

0 Komentar