Diskanak Kabupaten Sumedang Periksa kesehatan Hewan Kurban

PERIKSA: Petugas Diskanak Sumedang saat melakukan pemeriksaan hewan kurban, baru-baru ini.
ISTIMEWA, PERIKSA: Petugas Diskanak Sumedang saat melakukan pemeriksaan hewan kurban, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang melalui UPTD Dinas Perikanan dan Peternakan wilayah Kota (Sumedang Kota dan Ganeas) melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha 1445 H. 

Pemeriksaan tersebut dilakukan pada semua hewan kurban yang ada. Seperti disampaikan Kepala UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Kota Siti Mulyani, baru-baru ini.

“Kami terlebih dahulu melakukan pemeriksaan sapi yang akan dijadikan kurban yang ada di Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara. Disini puluhan sapi sengaja dipelihara peternak untuk kurban,” jelas Siti. 

Baca Juga:PKS Mantap Usung Ridwan Solichin: Komunikasi dengan Golkar dan PDIP Tetap DijalinPanik, Bus Study Tour Mahasiswa ITB Nyungsep

Menurutnya, selain melibatkan Mantri hewan dalam pemeriksaan ini juga melibatkan Dokter hewan yang secara pasti bisa mengetahui hewan tersebut sehat atau tidak. 

Berdasarkan hasil pantauan, sapi yang dipelihara peternak di Desa Kebonjati dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan hewan yang sakit atau bermasalah. Sehingga, layak untuk dijadikan hewan kurban. 

Siti menuturkan, setelah sapi tersebut dinyatakan sehat lalu akan diberi tanda berupa gantungan yang diikatkan pada tambang sapi.

“Untuk pemberian gantungan sebagai tanda sehat, memang tidak semua sapi karena jumlahnya terbatas, namun semua sapi dalam kandang yang sama dipastikan diperiksa kesehatannya,” katanya. (bim)

0 Komentar