Ribuan Siswa Berebut Kuota! Begini Cara Disdik Jabar Atasi PPDB Tahap 1

Ribuan Siswa Berebut Kuota! Begini Cara Disdik Jabar Atasi PPDB Tahap 1
(id.pinterest.com)Ribuan Siswa Berebut Kuota! Begini Cara Disdik Jabar Atasi PPDB Tahap 1
0 Komentar

sumedangekspres – Ribuan Siswa Berebut Kuota! Begini Cara Disdik Jabar Atasi PPDB Tahap 1, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 1 Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 telah berjalan dengan baik dan lancar. 

Hal ini dipastikan langsung oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, M. Ade Afriandi, usai meninjau pelaksanaan PPDB di seluruh wilayah Jabar.

Artikel ini telah tayang di pasundanekspres.id dengan judul Disdik Jabar Pastikan PPDB Tahap 1 Berjalan Baik dan Lancar.

Baca Juga:Drakor KBS Terbaru yang Bikin Jantungan! Sinopsis Scandal (2024)Dibalik Kritik Pedas, Ternyata Ini yang Membuat Scene Drakor Hierarchy Layak Mendapat Pujian!

Disdik Jabar Atasi PPDB Tahap 1

Ade Afriandi menjelaskan bahwa pada PPDB tahap 1 yang berlangsung dari tanggal 3-7 Juni 2024, jumlah pendaftar mencapai 312.297 calon siswa baru yang mendaftar ke sekolah negeri (SMAN dan SMKN).

Sementara itu, kuota yang tersedia di sekolah negeri sebanyak 310.856. 

Dari jumlah tersebut, sekitar 160.364 calon siswa baru mendaftar melalui sistem zonasi. 

Sistem zonasi ini dirancang untuk memastikan siswa bisa mendapatkan sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal mereka, sehingga mengurangi beban perjalanan dan memastikan pemerataan pendidikan.

“Pada jalur afirmasi KETM ekstrem, terdapat 3.320 calon siswa yang mendaftar. Kami siap menyalurkan mereka sesuai dengan ketentuan yang ada,” ungkap Ade. 

Dalam proses verifikasi dan validasi persyaratan serta dokumen, saat ini terdapat 25 pendaftar yang belum diperiksa, 231 sedang dalam proses pemeriksaan, 115 perlu perbaikan dokumen, 6.032 telah disetujui, dan 302.354 dianggap layak.

Untuk calon peserta didik yang berada di daerah-daerah yang tidak memiliki sekolah negeri dan swasta, Disdik Jabar menyediakan kuota khusus.

“Kami telah menyediakan 2.635 kuota khusus untuk siswa di 16 kecamatan tanpa sekolah negeri dan swasta serta 112 kecamatan yang tidak memiliki SMA/SMK negeri.

Baca Juga:Rekomendasi Desain Rumah 2 Lantai yang Bikin Tetangga Iri!WOW! Penjabat Bupati Subang Bongkar Cara Rahasia Operasi Pasar Murah yang Bikin Heboh!

Mereka akan disalurkan ke 137 SMA negeri sebagai sekolah penyangga,” tambah Ade.

Persiapan PPDB Tahap 2

Selanjutnya, persiapan PPDB tahap 2 akan segera dimulai. Tahap ini akan berlangsung dari tanggal 24-28 Juni 2024.

Ade menyatakan bahwa tim IT akan siaga selama 24 jam untuk memantau sistem dan memastikan tidak ada gangguan teknis yang dialami oleh para pendaftar.

“Ada tiga jalur penerimaan yang akan dibuka pada tahap 2, yakni jalur prestasi, afirmasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), dan perpindahan tugas orang tua,” jelasnya.

0 Komentar