6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya
6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – 6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya.

Kulit buah manggis tidak hanya enak dimakan tetapi juga menyimpan beragam manfaat kesehatan yang menakjubkan. Kulit manggis mengandung nutrisi penting, termasuk antioksidan kuat yang bisa menangkal radikal bebas. Berikut ini adalah enam manfaat utama kulit manggis bagi kesehatan dan cara untuk mengonsumsinya.

1. Mengurangi Peradangan

Kulit manggis kaya akan xanthone dan vitamin C, dua senyawa yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa-senyawa ini bisa membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti radang sendi atau kondisi autoimun. Meski manfaat ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis dalam mengurangi peradangan pada manusia.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar kolesterol. Antioksidan dan xanthone dalam kulit manggis berperan sebagai agen anti-inflamasi, yang membantu mengendalikan kadar lemak darah. Penurunan kadar kolesterol ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke di masa depan.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Baca Juga:Ekonomi Kecamatan Puspahiang Tasikmalaya Terangkat Berkat Industri Kulit ManggisSantri Tasikmalaya Dapat Hadiah Sapi Berkat Hafalan 30 Juz Al-Qur’an

Xanthone dalam kulit manggis juga dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Studi tertentu bahkan menunjukkan bahwa kulit manggis bisa menghambat perkembangan kanker usus besar. Namun, meski hasilnya menjanjikan, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan efektivitas kulit manggis dalam melawan kanker.

4. Mengontrol Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat membantu menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini berkat kandungan xanthone yang berpotensi mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, bagi yang ingin menggunakan kulit manggis sebagai bagian dari pengobatan diabetes, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangat disarankan.

5. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi gejala peradangan. Manfaat ini berasal dari antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam kulit manggis. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, sementara vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

0 Komentar