Kebutuhan Protein Harian untuk Kesehatan Tubuh

Kebutuhan makanan protein tinggi
Kebutuhan makanan protein tinggi untuk kesehatan tubuh
0 Komentar

sumedangekspres – Kebutuhan protein harian untuk kesehatan tubuh. Beberapa contoh makanan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, produk susu, dan biji-bijian disebutkan sebagai sumber protein yang baik. 

Protein sendiri adalah kategori besar molekul yang mendukung berbagai fungsi vital dalam tubuh, termasuk struktur sel, fungsi kekebalan tubuh, pergerakan, reaksi kimia, sintesis hormon, dan banyak lagi. Semua protein terdiri dari asam amino, yang merupakan bahan bangunan utama untuk molekul protein. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi protein sendiri, sehingga penting untuk memenuhi kebutuhan protein melalui konsumsi makanan yang kaya akan zat tersebut.

1. telur dijelaskan sebagai sumber protein yang mudah diserap dan juga mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Meskipun putih telur adalah sumber protein murni, telur utuh dengan kuning telur memberikan lebih banyak nutrisi. Satu telur utuh memiliki sekitar 70 kalori.

Baca Juga:Penting! Tips Agar Tetap Bahagia Usai Bercerai, Salah Satunya Perawan DiriPenggunaan Beberapa Bahan Alami Sebagai Obat Sakit Gigi dan Cara Pencegahan

2. Kemudian, kacang almond disebutkan sebagai sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi penting seperti serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Sejumlah 28 gram kacang almond (sekitar 23 butir) mengandung sekitar 160 kalori.

Protein penting untuk dikonsumsi, tidak berarti harus dikonsumsi dalam jumlah besar setiap hari. Kebutuhan protein harian dipengaruhi oleh faktor seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan status kesehatan individu.

3. Dada ayam: Dada ayam merupakan sumber protein yang sangat baik. Selain itu, dada ayam juga mengandung beragam vitamin B serta mineral seperti zinc dan selenium. Sebanyak 85 gram dada ayam panggang tanpa kulit mengandung sekitar 140 kalori.

4. Keju cottage: Keju cottage adalah jenis keju rendah lemak dan kalori, namun kaya akan protein. Selain itu, keju cottage juga mengandung banyak kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan nutrisi lainnya. Sejumlah 100 gram keju cottage mengandung sekitar 98 kalori.

5. Daging sapi: Daging sapi adalah sumber protein yang sangat tinggi per porsi. Sebanyak 85 gram daging sapi mengandung sekitar 21 gram protein. Disarankan untuk memilih daging sapi tanpa lemak untuk mengurangi asupan lemak jenuh, dengan sekitar 180 kalori per 85 gram daging sapi tanpa lemak.

0 Komentar