Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang Terbuka untuk Semua Kalangan

PAPARKAN: Pustakawan Penggerak Dewi Kartika saat memaparkan mengenai Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang, K
PAPARKAN: Pustakawan Penggerak Dewi Kartika saat memaparkan mengenai Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang, Kamis (18/7).
0 Komentar

 

KOTA – Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang terbuka untuk masyarakat umum,dari mulai Paud, TK, SD,  SMP, SMA, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Hal tersebut disampaikan Pustakawan Penggerak Dewi Kartika kepada Sumeks, Kamis (18/7).

Ia menyatakan, perpustakaan dibuka untuk masyarakat umum. Semua mempunyai akses untuk bisa masuk ke perpustakaan, secara gratis.

“Perpustakaan Daerah berada dibawah naungan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang,untuk Kesekretariatannya kita ada di Komplek Pacuan Kuda,” ujar Dewi.

Baca Juga:Lingkar Mahasiswa Sumedang (LMS) Bangkitkan Pemuda untuk Bonus Demografi 2045Tujuh Kriteria Pemimpin Menurut PD Muhammadiyah Kabupaten Sumedang

Gedung yang baru dibangun di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) itu,tidak hanya dipergunakan oleh dinas-dinas saja tetapi terbuka untuk masyarakat umum, baik di lingkungan sekitar atau bahkan yang dari pelosok sekalipun.

 “Dulu kami berasal di dekat Bank BCA, dikarenakan lahan parkir sempit dan fasilitas untuk meja duduk kurang memadai, jadinya kami dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpusnas untuk membuka perpustakaan nya saja,” Dewi menjelaskan.

Angka pengunjungpun menurutnya dinyatakan ada peningkatan, dulu sehari cuman sekitar 70 sampai 100, sedangkan di gedung yang baru dikarenakan fasilitas cukup memadai, sehari minimal 50 dan maksimal di 500 pengunjung jika memang ada rombongan.

Dewi memaparkan jika ingin berkunjung secara rombongan, dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu agar permohonan yang di buat disampaikan ke Kepala Dinas dan Arsip Perpustakaan.  

“Untuk rombongan lebih dari 20 orang harus konfirmasi terlebih dahulu, dikarenakan harus ada persiapan dari pihak kami, mulai dari jadwal, ruangan, buku, meja baca dan lain sebagainya, tapi jika rombongan hanya sekitar 10 sampai 15 orang masih bisa kami handle,” tuturnya.  Pengunjung terbanyak yang mengunjungi Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang adalah para mahasiswa, baik itu dari UPI, Unsap dan UIN Syarif Hidayatullah.

Perpustakaan ada yang berbentuk buku fisik ataupun berbentuk digital, untuk digital disediakan E-Book yang bisa diakses kapanpun dimanapun oleh masyarakat.

“Harapan kedepannya, semoga masyarakat Kabupaten Sumedang mengetahui,bahwa Perpustakaan ini dibuka untuk masyarakat umum berlaku untuk semua kalangan,dari anak kecil hingga dewasa, dan semoga setelah beritanya terpapar, masyarakat jadi lebih antusias dalam meningkatkan minat membaca,” pungkasnya.

0 Komentar