Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur

Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur
(freepik.es)Waspada! Polio Menular Lewat Tinja dan Air Liur
0 Komentar

Vaksin ini bekerja dengan membentuk kekebalan dalam darah, namun tidak di usus. 

Nah, karena itu, meskipun anak sudah mendapatkan vaksin ini, risiko terkena polio tetap ada karena virus dapat berkembang biak di usus.

Inilah alasan mengapa imunisasi polio suntik perlu dilengkapi dengan vaksin polio oral.

2. Vaksin Polio Oral (OPV)

Baca Juga:Tak Disangka! Ini yang Dilakukan Panji Gumilang Menghirup Udara BebasReview Realme GT6 Indonesia Realme yang Dirindukan

    Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin polio oral mengandung virus polio yang masih aktif namun sudah dilemahkan.

Tujuan vaksin ini adalah membentuk antibodi (zat kekebalan tubuh) di dalam usus untuk membunuh virus yang berkembang di usus dan darah. 

Proses pelemahan virus ini memastikan bahwa vaksin aman untuk diberikan.

Mengapa Vaksin Polio Penting?

Vaksin polio sangat penting karena beberapa alasan:

– Mencegah Kelumpuhan dan Kematian: Polio adalah penyakit yang sangat serius yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian. Dengan vaksinasi, kita bisa mencegah dampak buruk ini.  – Membentuk Kekebalan Tubuh: Vaksinasi membantu tubuh kita untuk mengenali dan melawan virus polio jika suatu saat kita terpapar virus tersebut.

– Menghentikan Penyebaran Virus: Vaksinasi massal dapat membantu menghentikan penyebaran virus polio di komunitas, sehingga melindungi mereka yang tidak bisa divaksinasi karena alasan kesehatan tertentu.

Mengatasi Misinformasi tentang Vaksin Polio

Meski sudah banyak informasi tentang manfaat vaksin, masih ada saja yang ragu atau menolak vaksinasi polio karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah:

– Takut Efek Samping: Banyak orang yang khawatir tentang efek samping vaksin. Padahal, efek samping vaksin polio biasanya ringan dan sementara, seperti demam ringan atau nyeri di tempat suntikan.  – Misinformasi: Ada juga yang terpengaruh oleh berita-berita palsu yang menyebutkan vaksin polio tidak aman.

Baca Juga:Cobain Laptop Gaming TERMURAH dari Asus A15… ! Ini Spek Asus Laptop A15 MenggilaAsus Menyerah… Review Zenfone 11 Ultra

Ini tentu saja tidak benar, karena vaksin polio telah melalui berbagai uji klinis dan dinyatakan aman oleh para ahli kesehatan.

Penyakit polio adalah ancaman serius yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Dengan memahami pentingnya vaksin polio dan mengatasi misinformasi yang beredar, kita dapat melindungi diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita dari ancaman penyakit ini. 

0 Komentar