Pesta Tembakau Terbesar di Indonesia! Inilah Serunya Aroma Sendja Festival 2024

Aroma Sendja Festival 2024
Aroma Sendja Festival 2024(dpmdesajabar)
0 Komentar

sumesangekspres – Pesta Tembakau Terbesar di Indonesia! Inilah Serunya Aroma Sendja Festival 2024, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat (Disbun Jabar) baru saja menggelar acara meriah bertajuk Aroma Sendja Festival 2024.

Acara ini berlangsung selama dua hari, dari Jumat hingga Sabtu (19-20 Juli), bertempat di Alun-alun Kabupaten Sumedang. 

Aroma Sendja Festival 2024

Festival ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan tembakau hasil perkebunan Jawa Barat.

Baca Juga:Dali Wassink Suami Jennifer Coopen Meninggal Naik Moge, Ini Spesifikasi MogenyaTerbongkar! Limbah Berbahaya Ditemukan di Perbatasan Desa, Warga Berjuang Melawan Dampaknya

Festival Aroma Sendja secara resmi dibuka oleh Plt Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Gandjar Yudniarsa, yang hadir mewakili Gubernur Jawa Barat.

Pembukaan dilakukan pada Jumat (19/07), menandai dimulainya berbagai kegiatan menarik di festival tersebut. 

Hari Pertama: Launching Korporasi Tembakau

Pada hari pertama, acara utama yang diselenggarakan adalah peluncuran dan peresmian Korporasi Tembakau.

Aroma Sendja Festival ini diikuti oleh lebih dari 50 petani dan pelaku usaha di bidang hasil olahan komoditas tembakau dari berbagai daerah di Jawa Barat. 

Tujuannya adalah untuk mempromosikan dan memperluas pasar tembakau Jawa Barat.

Gandjar Yudniarsa, didampingi oleh Kepala Bidang PPUP, Priyo Adinugroho, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Aroma Sendja Festival 2024.

“Semoga gelaran ini dapat memperluas jaringan pasar dan kerjasama para petani dan pelaku usaha tembakau, sehingga mampu mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan para petani dan pelaku usaha tembakau di Jawa Barat,” ujar Gandjar.

Tembakau Jawa Barat: Potensi dan Statistik

Menurut data statistik dari Disbun Jabar, luas areal tembakau di Jawa Barat pada tahun 2022 mencapai 9.525 hektare dengan total produksi 8.590 ton daun kering.

Baca Juga:Kenapa Harga iVertu 5G Sangat Mahal Di Luar Otak Sampe 90 JUTAReview Jam Huawei Watch GT3 yang Saya Pake Kalau Pengen Keliatan Kaya

Tembakau ini tersebar di berbagai wilayah, termasuk Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Ciamis, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Subang, dan Sumedang.

Hingga tahun 2023, Disbun Jabar telah melepas 14 varietas unggul lokal tembakau yang berasal dari sejumlah kabupaten.

Beberapa di antaranya adalah tiga varietas dari Majalengka, lima varietas dari Garut, tiga varietas dari Bandung, dan tiga varietas dari Sumedang. 

Varietas unggul yang dibudidayakan di Sumedang meliputi hanjuang, kenceh, dan temangi.

Pasar Bako: Kebanggaan Tanjungsari

0 Komentar