Setelah Penelitian 5,5 Tahun Akhirnya Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa Raih Gelar Doktor Di Unpad  Bandung

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar)
Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar), Saan Mustopa saat berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad) di Graha Sanusi Kota Bandung, Jumat (26/7/2024).
0 Komentar

sumedangekspres – Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar), Saan Mustopa, berhasil meraih gelar Doktor dalam Program Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) yang diselenggarakan di Graha Sanusi, Kota Bandung, pada hari Jumat, 26 Juli 2024.

Dalam sidang promosi doktor tersebut, hadir langsung Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Turut hadir juga bakal calon Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, serta bakal calon Gubernur Jawa Barat dari Partai NasDem, Ilham Akbar Habibie.

Saan, yang juga anggota DPR RI dari Partai NasDem, berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pemikiran Politik Surya Paloh, Mengenai Studi Restorasi Indonesia Melalui Nasionalisme dan Demokrasi Pancasila.” Di depan tim penguji, Saan mengedepankan cara politik Surya Paloh, yang juga Ketua Umum Partai NasDem.

Baca Juga:Telah Terjadi Kebaran di Kawasan Pasar Induk Babakan Ciparay Bandung, 2 Bangunan Habis dimakan sijago MerahTema dan Makna Logo Hari Kemerdekaan Hut RI Ke-79 2024

“Kami nyatakan saudara Saan Mustopa lulus dalam Program Doktor Ilmu Politik dengan yudisium sangat memuaskan. Sesuai dengan tradisi, mulai hari ini saudara berhak menggunakan gelar doktor,” ucap Prof. Widya Setiabudi Sumadinata, selaku pimpinan sidang promosi doktor.

Dalam ringkasan disertasi yang dibacakan, Saan menyampaikan beberapa gagasan demokrasi oleh Surya Paloh, terutama mengenai peran media dalam upaya menuntaskan rezim. Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan oleh para penguji, termasuk Ketua Promotor Prof. Muradi Clark.

“Saya berharap melalui didikan dan capaian di bidang akademis ini, perjalanan politik ke depan bisa terwarnai dengan lebih baik dan bermanfaat. Mudah-mudahan politik menjadi lebih rasional dan objektif, serta langkah-langkah politik di masa depan semakin baik,” tutur Saan.

Terkait subjek penelitian, Saan menilai bahwa Surya Paloh memiliki pemikiran yang sangat kontekstual dan relevan di masa sekarang. Menurut Saan, pandangan Surya Paloh tidak hanya terbatas pada pengelolaan partai, tetapi juga mencakup pemikiran-pemikiran yang original dan kontekstual. “Apalagi, Pak Surya Paloh merupakan sosok yang sangat dekat dengan seluruh kader, sehingga tidak sulit untuk menggali pemikiran beliau,” terang Saan.(*)

Artikel ini telah tayang di jabareskpres.com, dengan judul: Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa Raih Gelar Doktor Di Unpad  Bandung

0 Komentar