Potensi Wisata di Sumedang Belum Dikembangkan Maksimal

PAPARKAN: Kabid Pariwisata Disbudparpora Egi Powi Proyegi saat memaparkan mengenai potensi wisata di kantornya
PAPARKAN: Kabid Pariwisata Disbudparpora Egi Powi Proyegi saat memaparkan mengenai potensi wisata di kantornya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi tempat wisata. Berbagai tanggapan terhadap potensi wisata terus bermunculan, salah satunya dari Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumedang. 

Kepala Bidang Pariwisata, Egi Powi Proyegi menanggapi terhadap berbagai potensi wisata yang belum tersentuh sama sekali oleh Pemerintah Daerah. Ia menjelaskan, bahwa potensi wisata di Kabupaten Sumedang itu banyak, namun kembali lagi terhadap kesadaran dari daerah itu sendiri. 

 “Ketika terlihatnya sebuah potensi, maka kembali lagi ke kesadaran daerah itu sendiri, dalam artian ingin atau tidaknya memajukan daerah itu sendiri,” ujarnya, baru-baru ini.  

Baca Juga:Festival Pelajar Sumedang: FOKS Ciptakan Kader UnggulDisdik Sumedang Tingkatkan Partisipasi Anak Sekolah

 Ketika sebuah potensi mulai terlihat, jelas kesadaran dari yang punya wilayah harus ikut berpartisipasi agar bagaimana daerah itu dikelola, dikembangkan kemudian jadilah lahan wisata. Egi menjelaskan, bagaimana suatu potensi itu bisa berkembang,harus adanya suatu perencanaan yang matang terlebih dahulu, dimana ketika mengamati satu wilayah yang harus dijadikan bahan utama adalah akses jalan. 

“Akses jalan merupakan bagian paling penting dalam berwisata, karena agar bisa sampai ke tempat wisata tersebut akses yang dilewati harus memadai dan tentunya membuat nyaman para pengunjung,” jelasnya. 

Menurutnya, hal tersebut adalah salah satu bentuk perencanaan, karena pemerintah daerah terutama Disbudparpora, tidak terlibat sendirian atas penentuan sebuah potensi wilayah. Dia menjelaskan, untuk akses jalan beda lagi kepengurusannya, untuk lingkungan seperti pengelolaan sampah juga beda lagi kepengurusannya, jadi harus dipikirkan matang-matang untuk menentukan adanya potensi pariwisata tersebut. 

 “Jika sudah terlihat potensi wilayah suatu daerah yang belum tersentuh oleh pemerintah ,maka tugasnya Disbudparpora disini adalah mediasi, memfasilitasi, dan mendorong agar objek wisata tersebut berkembang,” tegasnya. 

 Daya tarik wisata di Sumedang sangatlah banyak, keberagaman tentang wisata yang menyebar di berbagai daerah menjadi sorotan banyak masyarakat. 

“Pemerintah tentunya, jika melihat suatu potensi pariwisata, keinginan untuk mewujudkannya suatu wisata adalah keinginan yang sangat besar tapi kembali lagi terhadap anggaran yang tersedia,” pungkasnya. (cr1)

0 Komentar