Cara Memilih Benih Kelapa Sawit Unggul Agar Tidak Menghambat Produksi

Benih pohon sawit
Benih pohon sawit
0 Komentar

Batang Bawah Benih

Pertumbuhan batang bawah merupakan kelanjutan dari perkembangan benih kelapa sawit. Benih yang berkualitas akan memiliki batang bawah yang pendek dan gemuk, memastikan bahwa tanaman kelapa sawit akan tetap kokoh seiring waktu.

Bentuk Benih

Benih kelapa sawit unggul memiliki bentuk lonjong atau bulat tanpa cekungan atau cacat. Pilih benih dengan bentuk yang sempurna untuk hasil terbaik.

Selain memperhatikan ciri fisik benih, penting juga untuk memahami isu terkait benih sawit ilegal. Banyak hal lain yang perlu diketahui untuk memastikan Anda mendapatkan benih kelapa sawit unggul yang sesuai dengan regulasi dan standar kualitas.

Baca Juga:Bagi Anda Pecinta Kopi, Segera Simpan Stok Dari Sekarang Karena Akan Ada Kenaikan Harga di Bulan Depan5 Pekerjaan Jarak Jauh yang Paling diminati pada Tahun 2024 dengan Gaji yang Bisa mencapai Belasan Juta

Masih ada kemungkinan ditemukan benih kelapa sawit ilegal di Indonesia. Penggunaan benih sawit ilegal dapat mengakibatkan hasil kelapa sawit yang tidak berkualitas unggul. Namun, Anda dapat menghindari risiko tersebut dengan langkah-langkah berikut:

Hindari Benih dari Persilangan Tenera dan Dura:

Pilih benih yang bukan hasil persilangan sembarangan antara jenis kelapa sawit tenera dan dura.

Periksa Informasi Induk Pohon: 

Pastikan ada informasi yang jelas mengenai induk pohon kelapa sawit dari mana benih tersebut berasal.

Perhatikan Proses Perkecambahan: 

Benih harus mengalami perkecambahan yang sesuai dengan standar, bukan secara alami tanpa pengawasan.Beli dari Sumber Resmi:

Peroleh benih kelapa sawit unggul dari tempat yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yang dilengkapi dengan bukti SP2B-KS (Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit) yang diterbitkan oleh Ditjen Perkebunan atau Dinas Perkebunan setempat. Selain itu, Anda dapat membeli benih dari penangkar bibit legal yang memiliki TRUP (Tanda Registrasi Usaha Pembenihan) dan telah disertifikasi oleh UPTD Pembenihan Tanaman Perkebunan.(*)

0 Komentar