Biji Anggur Ternyata Menyimpan Berbagai Manfaat Kesehatan yang Patut diketahui

Biji anggur
Manfaat biji anggur untuk kesehatan tubuh. Foto(www.alodokter.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Pernahkah kamu sering membuang biji anggur saat makan buahnya? Kalau iya, mungkin sekarang saatnya untuk mencoba mengonsumsinya juga. Ada banyak manfaat kesehatan dari biji anggur yang mungkin akan membuatmu berpikir ulang untuk membuangnya.

Sering kali, orang cenderung melepeh biji anggur karena khawatir akan menyebabkan masalah pencernaan, seperti usus buntu, atau karena rasanya yang pahit yang bisa mengganggu rasa manis buah anggur. Namun, sebenarnya makan biji anggur itu aman dan bermanfaat. Biji anggur kaya akan serat, mineral, protein, minyak, air, vitamin E, dan antioksidan, yang semuanya dapat mendukung kesehatan tubuh kita.

Coba deh mulai sesekali makan anggur beserta bijinya dan rasakan manfaatnya! Untuk penjelasan lebih lengkap tentang manfaat biji anggur, simak artikel ini ya.

Sederet Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan

Baca Juga:Ternyata Bukan Cuman Buahnya Saja, Biji Alpukat Juga Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan TubuhEfektivitas Biji Mahoni dalam Konteks Pengobatan diabetes dan Penggunaannya

Biji anggur ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang patut diketahui. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Menangkal Paparan Radikal BebasBiji anggur mengandung berbagai nutrisi dengan efek antioksidan, seperti vitamin E, asam linolenat, kalium, tembaga, fosfor, zinc, magnesium, zat besi, dan oligomeric proanthocyanidins (OPCs). Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

2. Menjaga Kesehatan JantungAntioksidan dalam biji anggur juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi antioksidan, termasuk yang ada dalam biji anggur, dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan kalium pada biji anggur juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menjaga Kesehatan OtakBiji anggur kaya akan flavonoid seperti asam galat, katekin, dan epikatekin yang memiliki sifat antiperadangan. Flavonoid ini dapat meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer pada lansia. Selain biji anggur, kamu juga bisa mendapatkan flavonoid dari jeruk, lemon, stroberi, atau blueberry.

4. Menurunkan Tekanan Darah TinggiKandungan vitamin E, kalsium, kalium, dan antioksidan pada biji anggur dapat memberikan efek positif pada penderita hipertensi. Kalium membantu merelaksasi dinding pembuluh darah dan mengeluarkan natrium berlebihan dari tubuh, sehingga mendukung pengendalian tekanan darah.

5. Menyehatkan TulangKalium, flavonoid, fosfor, dan protein dalam biji anggur adalah nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi biji anggur dapat membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang berkat kandungan nutrisi ini.

0 Komentar