Kormi Sumedang Gelar Lomba Permainan Tradisional 

BERJUANG: Sejumlah peserta adu cepat mencapai garis finish, demi memenangkan perlombaan berjalan sambil memind
ISTIMEWA, BERJUANG: Sejumlah peserta adu cepat mencapai garis finish, demi memenangkan perlombaan berjalan sambil memindahkan balok di lapangan PPS, Kamis (22/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Ribuan peserta dari 26 kecamatan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tumpah ruah mengikuti kegiatan Sumedang Bergerak Masyarakatnya (Bergema). Kegiatan dilaksanakan di lapangan utama Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis (22/8).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli, memberikan dukungan penuh kepada jajaran pengurus Kormi Sumedang atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan, karena selain membangun kesehatan fisik, juga memperkuat tali silaturahmi antarwarga. Ini adalah salah satu cara kita menjaga semangat persatuan dan nasionalisme,” ujar Yudia.

Baca Juga:Meriah, Kodim 0610/Sumedang Gelar Berbagai Lomba HUT RI Ke-79Tak Kunjung Direvitalisasi, Pasar Parakan Muncang Jadi Sorotan Dewan

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap antusiasme masyarakat Sumedang yang begitu tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan.

“Mari jadikan olahraga sebagai bagian dari keseharian, bukan hanya untuk kesehatan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kormi Sumedang, Susi Gantini, menyampaikan bahwa olahraga berbasis masyarakat yang berada di bawah naungan Kormi memiliki prinsip mudah, murah, menarik, dan bermanfaat.

“Hal ini merupakan upaya untuk membangun masyarakat yang sehat dan mendorong masyarakat agar tidak malas bergerak dan rajin berolahraga,” ujar Susi.

Susi juga berharap bahwa melalui olahraga masyarakat ini, hubungan kebersamaan sosial dapat terjalin, sekaligus melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa Sumedang Bergema adalah program Kormi Sumedang yang telah dilaksanakan sebanyak tiga kali.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat hidup sehat dengan tetap bergerak dan berolahraga,” tuturnya.

Baca Juga:Tumpukan Sampah di Saluran Air di Cipadung Jadi Masalah SeriusSumedang Bergema Tumbuhkan Semangat Nasionalisme

Menurut Susi, olahraga bukan hanya kebutuhan, tetapi juga telah menjadi gaya hidup sehari-hari.

“Agenda hari ini meliputi senam massal, festival olahraga kebugaran, tantangan dan petualangan, serta perlombaan olahraga tradisional seperti ketapel, bakiak, lomba balok, layangan, dan juga pameran berbagai jenis olahraga Inorga Kormi Sumedang,” tambahnya.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan pencak silat, berbagai lomba seru, dan atraksi menarik. Mulai dari lomba tarik tambang, lari balok, bakiak, lomba layangan, panahan, hingga berbagai permainan tradisional lainnya, berhasil menghibur peserta dan penonton.

0 Komentar