Hindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat

Hindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat
Hindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat, Foto: dialeksis.com
0 Komentar

4. Mengontrol Gula Darah: Karbohidrat kompleks, yang dicerna lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Makanan yang mengandung serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Memelihara Fungsi Organ: Karbohidrat berperan penting dalam memelihara fungsi organ, seperti otak dan ginjal, agar berfungsi secara optimal.

Hindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat

– Asupan Ideal: Umumnya, orang dewasa sehat membutuhkan sekitar 300–415 gram karbohidrat per hari. Kebutuhan ini bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan kondisi medis.

Baca Juga:Faktor Risiko Hipertensi, Klasifikasi Tekanan Darah dan Hipertensi, Tindakan Pencegahan HipertensiBerbagai Manfaat Minyak Kanola untuk Kesehatan Keluarga

– Kelebihan Karbohidrat: Jika asupan karbohidrat berlebihan, gula yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak, berisiko menyebabkan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

– Kekurangan Karbohidrat: Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan tubuh memecah lemak menjadi energi, menghasilkan keton yang dapat menyebabkan ketosis, gejala seperti pusing, lemas, dan dehidrasi. Kekurangan karbohidrat juga berisiko menyebabkan kekurangan nutrisi penting lainnya.(*)

0 Komentar