Dua SD di Sumedang Lakukan Uji Coba Makan Siang Bergizi Gratis

MEMAKAN: Sejumlah siswa SDN Pamoyanan Jatigede saat menerima makan siang bergizi gratis di sekolahnya, kemarin
MEMAKAN: Sejumlah siswa SDN Pamoyanan Jatigede saat menerima makan siang bergizi gratis di sekolahnya, Selasa (10/9).
0 Komentar

sumedangekspres, JATIGEDE – Program makan siang bergizi gratis untuk siswa sekolah dasar di Kabupaten Sumedang resmi diujicoba. Ujicoba dilakukan di dua Sekolah Dasar yaitu SDN Pamoyanan Kecamatan Jatigede dan SDN Sirahcai, Kecamatan Jatinangor, Selasa (10/9).

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau program makan siang bergizi gratis di SDN Pamoyanan Kecamatan JatigedeIa. Ia menyebutkan pemerintah telah melakukan beberapa skema persiapan.

“Pertama, ujicoba makan siang bergizi ini untuk mempersiapkan program yang akan diaplikasikan di tahun 2025,” katanya.

Baca Juga:Pilkada 2024, Pj Bupati Sumedang Ingatkan ASN Harus Jaga Netralitas Kelurahan Regolwetan Terus Optimalkan Penarikan PBB

Kedua, kata Yudia, acara tersebut merupakan bagian dari persiapan untuk menguji, bagaimana tatakelola bila dilakukan secara partisipatif dan menggunaian Aanggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Saat ini, satu bulan menggunakan dana partisifatif dan satu bulan (ke depan) menggunakan dana APBD,” ujarnya.

Untuk mendukung keberlangsungan acara tersebut, sambung Yudia, Pemda Sumedang sudah mempersiapkan dana dari APBD Tahun 2025, sebesar Rp 5 Miliar.

“Apabila Implementasi makan siang bergizi ini di tahun 2025, kontribusinya sudah kita siapkan, karena bahwa daerah juga perlu berkontribusi menyelenggarakan program ini,” ucapnya.

Yudia mengakui, penyelenggaraan makan siang bergizi di Sumedang, memang luar biasa, lantaran pihaknya menggunakan tatakelola pemerintahan yang kolaboratif.

“Artinya, menganggap seluruh stakeholders untuk bersama mensukseskan program ini. Di antaranya dunia usaha dan masyarakat dan partner kita adalah kader PKK,” ucapnya.

Senada Sekda Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, program rersebut diujicobakan terhadap 420 siswa yang meliputi dua sekolah dasar.

Baca Juga:Maling Bawa Kabur Motor Saat Pemiliknya Sedang Shalat SubuhTiga Kecamatan di Sumedang Zona Merah Narkoba, Mahasiswa Paling Rawan!

“Makan siang bergizi ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kita. Mereka sangat senang bisa makan dengan gizi yang seimbang,” ujar Sekda.

Bahkan kegiatan serupa, kata Sekda, dikuti oleh beberapa kabupaten kota di Jawa Barat, seperti Sukabumi, Subang, Majalengka dan lainnya.

“Ini sebagai bentuk bahwa kabupaten kota di Jawa Barat menyambut program makan siang bergizi ini,” pungkasnya. (nur)

0 Komentar