Aqua Dwipayana: Peran “PR Officer” Sangat Strategis dalam Mewujudkan Citra Baik Masyarakat Terhadap Lembaga

Aqua Dwipayana: Peran “PR Officer” Sangat Strategis dalam Mewujudkan Citra Baik Masyarakat Terhadap Lembaga
Aqua Dwipayana: Peran “PR Officer” Sangat Strategis dalam Mewujudkan Citra Baik Masyarakat Terhadap Lembaga
0 Komentar

Pada Selasa (10/9/2024) mendadak Dr Aqua Dwipayana diminta untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada puluhan mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (Fisip Unand) Padang, Sumatera Barat. Meski berada ribuan kilometer jauhnya dari Padang, pembicara laris yang tengah berada di “KM 0 Indonesia” yakni Kota Sabang, Provinsi Aceh itu tetap memenuhi undangan yang disebutnya sebagai amanah tersebut.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut menyampaikan sharing secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting kepada para mahahasiswa magister. Mereka berasal dari beragam profesi yakni ASN, kepolisian, dan para mahasiswa fresh graduate. Dr Aqua Dwipayana memberikan sharing dengan tajuk “Media dan Publikasi Humas (Kuliah Umum dari Pakar)”.

Dr Aqua Dwipayana melaksanakan Zoom Meeting dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang. Komandannya Kolonel Laut (P) Gita Muharam mempersiapkan semua fasilitas terkait kegiatan tersebut.

Baca Juga:ASN Sumedang Belajar Ilmu WarisSukseskan Jagoan PKB di Pilkada, Herman Habibullah: Gaskeun

Menangani KrisisDalam pernyataannya, Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan, praktisi PR harus mencintai pekerjaannya, sehingga dengan begitu, ia bisa totalitas dalam bekerja. Karena, seorang PR yang bagus terlihat ketika ia mampu menangani krisis. Selain itu, nilai-nilai lain yang harus dimiliki seorang PR menurut mantan wartawan di banyak media besar ini, adalah harus humble dan mau belajar. “Setiap orang adalah guru dan setiap tempat merupakan kelas,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Pria rendah hati ini mengatakan, menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media juga sangatlah penting bagi seorang PR. Sebab media adalah sarana publikasi, di mana segala informasi tentang perusahaan disalurkan. Selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi.

“Media merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations professional. Olah karena itu, mereka yang bekerja dalam bidang Kehumasan di lembaga manapun harus memiliki kompetensi dan keterampilan dalam menjaga hubungan dengan media,” jelas mantan Humas PT Semen Cibinong ini.

Sempat menjalani profesi sebagai wartawan di banyak media nasional, Dr Aqua Dwipayana juga pernah bekerja di sektor Kehumasan. Bahkan menjadi Humas di sebuah perusahaan besar nasional.

0 Komentar