Beberapa Manfaat yang Papat anda Peroleh dari Mengonsumsi Jamur Shitake

Beberapa Manfaat yang Papat anda Peroleh dari Mengonsumsi Jamur Shitake
Beberapa Manfaat yang Papat anda Peroleh dari Mengonsumsi Jamur Shitake.
0 Komentar

sumedangekspres – Beberapa orang mungkin belum menyadari manfaat dan resep jamur shitake. Selain lezat diolah menjadi hidangan, jamur ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti menjaga fungsi organ dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meskipun ukurannya kecil, jamur shitake yang berwarna kecokelatan ini menyimpan banyak khasiat. Jamur ini mengandung berbagai jenis asam amino dan sering digunakan sebagai pengganti daging, khususnya dalam diet vegetarian.

Dalam 100 gram jamur shitake, terdapat sekitar 60–80 kalori serta berbagai nutrisi, antara lain:- 2,3–2,5 gram protein- 7 gram karbohidrat- 2,5–3 gram serat- 3,8 miligram vitamin B3 (niacin)- 1,5 miligram vitamin B5 (asam pantotenat)- 0,3 miligram vitamin B6 (piridoksin)- 300 miligram kalium

Baca Juga:Daftar Manfaat Jus Sirsak untuk Ibu Hamil dan Cara Aman MengonsumsinyaKhasiat dan Kandungan Nutrisi Antioksidan Madu untuk Wanita

Jamur shitake juga mengandung vitamin D, folat, vitamin B12, antioksidan, serta mineral seperti fosfor, zinc, dan selenium.

Berbagai Manfaat Jamur Shitake

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi jamur shitake:

1. Meningkatkan Sistem ImunJamur shitake dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat kandungan asam amino, antioksidan, selenium, vitamin B kompleks, dan zinc. Dengan sistem imun yang kuat, tubuh Anda lebih terlindungi dari berbagai penyakit, seperti flu.

2. Menjaga Kesehatan JantungJamur shitake mengandung beta-glukan, serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Jamur ini bebas lemak jenuh, yang mengurangi risiko aterosklerosis, serta kaya akan kalium yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Menurunkan Risiko Kanker ProstatKandungan ergothioneine, senyawa antioksidan dalam jamur shitake, dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Mengonsumsi jamur shitake 1–2 kali seminggu dapat memberikan manfaat ini. Jenis jamur lain seperti tiram, maitake, dan shimeji juga kaya akan ergothioneine.

4. Mencegah Penyakit GingivitisJamur shitake memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu mencegah perkembangan bakteri penyebab gingivitis, penyakit gigi yang disebabkan oleh penumpukan plak dan bakteri.

5. Meningkatkan Kekuatan TulangSebagai sumber vitamin D alami, jamur shitake dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan seperti ikan dan dihasilkan tubuh saat terpapar sinar matahari.

Resep Masakan dari Jamur Shitake

0 Komentar