Cara Membuat dan Berbagai Manfaat Chili Oil

chili oil
Cara membuat chili oil.
0 Komentar

sumedangekspres – Chili oil memang menjadi favorit banyak orang, tidak hanya karena rasa dan aromanya yang menggugah selera, tetapi juga karena manfaat kesehatannya. Bumbu ini, yang terbuat dari cabai kering dan minyak sayur, sering kali ditambah dengan bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan gula untuk memperkaya cita rasanya.

Manfaat chili oil meliputi potensi meningkatkan metabolisme, mengandung antioksidan, dan dapat membantu meredakan peradangan. Anda dapat dengan mudah membuat chili oil di rumah, sehingga bisa mengontrol bahan-bahannya dan menyesuaikannya dengan selera. Cobalah untuk menambahkan cabai yang Anda suka dan bereksperimen dengan berbagai rempah lainnya!.

Manfaat Chili Oil

Chili oil memiliki berbagai manfaat kesehatan yang berasal dari kandungan cabai kering di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat chili oil untuk kesehatan:

Baca Juga:Penyebab Berbahaya dan Cara Mengatasi Jamur Berwarna Hitam di Tempat LembabKegiatan Lokakarya Mini Tribulanan (Loktri) Puskesmas Sukagalih Kecamatan Sumedang Selatan

1. Meredakan Hidung Tersumbat Rasa pedas chili oil dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Kandungan cabai bersifat ekspektoran yang dapat mengencerkan lendir.

2. Meningkatkan Metabolisme Capsaicin dalam chili oil dapat meningkatkan suhu tubuh sementara, membantu membakar kalori lebih cepat, dan meningkatkan metabolisme.

3. Meredakan Peradangan Efek antiradang capsaicin dapat meredakan peradangan dalam tubuh. Antioksidan di cabai juga melawan radikal bebas, berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung dan rheumatoid arthritis.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh Kaya akan vitamin C, cabai dalam chili oil dapat meningkatkan produksi sel darah putih, memperkuat sistem imun.

5. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi Mengonsumsi chili oil secukupnya dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan asin, membantu mengontrol tekanan darah. Namun, konsumsi berlebih bisa sebaliknya karena kandungan garamnya.

Penting untuk diingat bahwa manfaat ini akan optimal jika dikombinasikan dengan pola hidup sehat, termasuk diet bergizi dan aktivitas fisik.

Cara Membuat Chili Oil

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat chili oil di rumah:

Bahan:- 250 gram minyak goreng- 60 gram cabai kering- 25 gram bawang putih- 25 gram bawang merah- 25 gram ebi- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh gula- 2 sendok makan kecap asin- 1/2 sendok teh penyedap

Baca Juga:Penggalian Nilai-Nilai Universal Agama Perlu Dilakukan untuk Tegakkan Moralitas Serta Etika berbangsaBerbagai Rekomendasi Film Kisah Cinta yang Menyentuh Hati

Cara Membuat:1. Haluskan cabai kering menggunakan food processor atau blender, sisihkan.2. Campurkan bawang merah, bawang putih, dan minyak, lalu haluskan.3. Tambahkan ebi yang sudah direndam dan haluskan sebentar.4. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu tambahkan garam, gula, dan penyedap.5. Masukkan cabai yang telah dihaluskan dan masak hingga minyak berwarna merah. Tambahkan kecap asin, masak sebentar lagi.6. Angkat, dinginkan, dan simpan dalam botol kaca atau toples bersih.

0 Komentar