Sumedang Raih "Anindhita Wistara Data" pada Anugerah Hari Statistik Nasional 2024

Sumedang Raih "Anindhita Wistara Data" pada Anugerah Hari Statistik Nasional 2024
Sumedang Raih "Anindhita Wistara Data" pada Anugerah Hari Statistik Nasional 2024
0 Komentar

sumedangekspres – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meraih penghargaan “Anindhita Wistara Data” dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada peringatan Anugerah Hari Stastik Nasional (HSN) Tahun 2024.

Penghargaan tersebut diterima langsung Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang didampingi Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti di Hotel Grand Mercure Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Penghargaan “Anindhita Wistara Data” diberikan sebagai apresiasi atas komitmen dan capaian Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektroral (EPPS).

Baca Juga:Walikota Eunpyeong-Gu Terkesan Melihat Potensi Wisata SumedangPaskibraka Tingkat Pusat Terbagi ke Dalam Tim Nusantara Baru dan Tim Indonesia Maju

Kabupaten Sumedang meraih penghargaan sebagai Instansi Pemerintah dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik 3,24 dengan Predikat Baik dan meraih Predikat Terbaik 2 Kategori Pemerintah Kabupaten dalam Program (EPPS) Tahun 2024.

Pj Bupati Yudia Ramli setelah menerima penghargaan mengucap rasa syukur atas diraihnya penghargaan dari BPS RI tersebut.

“Data yang dinilai itu variabelnya banyak. Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Sumedang bisa memenuhi segala bentuk persyaratan,” kata Yudia.

Menurutnya, penghargaan dari BPS tersebut merupakan anugerah yang luar biasa bagi Sumedang karena selama ini Sumedang selalu menggunakan data sebagai basis untuk kebijakan.

“Jadi kalau sudah datanya sudah valid, maka good data , good decision dan good decision. Artinya bahwa data kita suguhkan untuk kebijakan penyusunan perencanaan di Pemerintah Kabupaten Sumedang,” kata Yudia.

Dikatakan Yudia, hal itu sebagaimana dikatakan Pak Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalan arahannya.

“Jangan anggap data itu hal sepele. Data adalah hal yang paling penting, mendasar. Karena kebijakan yang tidak didasarkan data, bisa dikatakan kebijakan yang untung-untungan,” tuturnya.

Baca Juga:Staf Khusus BPIP: Mari Keluar dari Mentalitas Manusia TerjajahSejarah Terulang Setelah 56 Tahun, Ini Dasar Hukum Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih oleh BPIP

Diraihnya penghargaan dari BPS, lanjut Pj Bupati, menjadi jaminan akan validitas data yang digunakan oleh Pemda Sumedang dalam perencanaannya.

“Alhamdulillah dengan penghargaan ini, Kabupaten Sumedang menjamin bahwa kebijakan perencanaan pembangunan di Kabupaten Sumedang dengan data yang valid,” pungkasnya.

Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menyebutkan, bentuk upaya dan komitmen BPS dalam melakukan pembinaan statistik sekotral adalah dengan melakukan kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) kepada instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

“Untuk mewujudkan Indonesia Emas, penting bagi kita untuk mengandalkan statistik berkualitas dan data sektoral yang akurat dalam mendukung kebijakan dan perencanaan” ujar Amalia.

0 Komentar