Ternyata Ini Jenis-Jenis Burung yang Hidup di Indonesia, Dari yang Gagah Sampai yang Cantik

Ternyata Ini Jenis-Jenis Burung yang Hidup di Indonesia, Dari yang Gagah Sampai yang Cantik
Ternyata Ini Jenis-Jenis Burung yang Hidup di Indonesia, Dari yang Gagah Sampai yang Cantik (ist)
0 Komentar

3. Burung Jalak Bali

Jenis burung lainnya yang tak kalah menawan adalah Burung Jalak Bali. Burung ini endemik di Pulau Bali dan menjadi salah satu satwa langka yang dilindungi.

Jalak Bali memiliki ciri khas bulu putih bersih dengan garis biru di sekitar mata dan ekor yang berwarna hitam.

Keindahannya membuat burung ini sangat diminati oleh para kolektor, namun hal ini juga yang membuat mereka terancam punah.

Baca Juga:Kontes Burung Berkicau Bergengsi di Sragen 2024: Road to Anniversary KBBC Kedung Banteng Bird ClubBPJS Ketenagakerjaan untuk Ribuan Petani dan Buruh Tembakau di Sumedang Didanai DBHCHT

Di alam liar, Burung Jalak Bali biasa ditemukan di kawasan hutan bakau dan pantai berpasir di Bali Barat.

Mereka hidup secara berkelompok dan sering kali bersarang di lubang-lubang pohon. Upaya konservasi terus dilakukan untuk melindungi jenis burung ini dari kepunahan, termasuk dengan cara melakukan penangkaran dan pelepasan kembali ke alam liar.

4. Burung Murai Batu

Bagi para pecinta burung kicau, jenis burung Murai Batu pasti sudah tidak asing lagi. Murai Batu dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau terbaik di Indonesia.

Mereka memiliki suara yang sangat merdu dan variasi kicauan yang banyak, sehingga sering dijadikan burung lomba di berbagai kompetisi burung kicau.

Murai Batu memiliki ekor panjang yang bisa digerakkan naik turun saat berkicau. Burung ini tersebar di berbagai wilayah di Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaysia.

Di alam liar, mereka biasanya hidup di hutan dataran rendah dan lembah-lembah sungai. Karena keindahan suaranya, jenis burung Murai Batu sering menjadi incaran para kolektor, sehingga populasinya di alam liar mulai menurun.

5. Burung Lovebird

Jenis burung lainnya yang juga sangat populer sebagai burung peliharaan adalah Burung Lovebird.

Baca Juga:Optimalisasi Infrastruktur Kesehatan di Sumedang dengan DBHCHT 2024Burung Merak Berasal Dari Mana? Ini Dia Keindahan dan Asal Usul Burung Tercantik di Dunia

Sesuai dengan namanya, burung ini sering diasosiasikan dengan cinta karena sifatnya yang setia kepada pasangan. Lovebird biasanya hidup berpasangan, dan mereka sering kali terlihat berinteraksi dengan sangat mesra dengan pasangannya.

Burung Lovebird memiliki bulu yang berwarna-warni dan ukuran tubuh yang relatif kecil. Mereka mudah beradaptasi di lingkungan manusia, sehingga banyak dijadikan sebagai burung hias di rumah-rumah.

Selain itu, jenis burung ini juga memiliki suara kicauan yang nyaring dan melodius, sehingga banyak disukai oleh para pecinta burung kicau.

0 Komentar