SMA Al Masoem Jatinangor Terapkan Sistem Kelas Minat

IMPLEMENTASIKAN: SMA Al Masoem yang terletak di Kecamatan Jatinangor terapkan kurikulum merdeka.
IMPLEMENTASIKAN: SMA Al Masoem yang terletak di Kecamatan Jatinangor terapkan kurikulum merdeka.
0 Komentar

sumedangekspres, JATINANGOR – SMA Al Masoem di Kecamatan Jatinangor, telah sukses mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang memfokuskan pendidikan sesuai minat dan bakat siswa. Dengan penghapusan sistem penjurusan tradisional seperti IPA, IPS, dan Bahasa.

SMA Al Masoem kini membagi kelas berdasarkan minat akademik siswa, yakni kelas kesehatan, teknik, dan sosial humaniora. Kepala SMA Al Masoem, Ronny Andrias Lakani, menyatakan, Kurikulum Merdeka telah berjalan lancar.

“Kurikulum ini memberikan kebebasan bagi siswa untuk memilih bidang sesuai minat mereka, tanpa terkendala penjurusan lama,” ujarnya.

Baca Juga:Aksi Pencurian Mobil di Sumedang: Dua Pelaku Ditangkap, Satu BuronRaih Nilai Sakip Tinggi, Pj Bupati: Dinkes Memiliki Peran Krusial dalam Pelayanan Dasar Kesehatan

Penerapan tersebut didukung dengan sosialisasi kepada orang tua dan siswa untuk memastikan pemahaman yang baik mengenai perubahan sistem.

Untuk menentukan minat siswa, sekolah mengadakan tes psikologi yang hasilnya dikonsultasikan dengan konselor dan orang tua. Dengan pembagian kelas, siswa lebih fokus pada bidang yang mereka minati.

“Kami melihat banyak siswa yang pada masa lalu terpaksa harus mempelajari mata pelajaran yang tidak sesuai dengan minat mereka, misalnya anak yang tertarik pada biologi harus belajar fisika, dan ini membuat mereka tidak bisa maksimal dalam belajar. Dengan kurikulum ini, mereka bisa fokus pada bidang yang memang mereka minati,” jelasnya.

Untuk menentukan minat dan bakat siswa, SMA Al Masoem juga menerapkan tes psikologi. Tes tersebut dilakukan sebelum siswa memilih kategori kelas.

Misalnya, kelas kesehatan untuk siswa yang tertarik pada biologi dan kimia, sementara kelas teknik menekankan matematika dan fisika, dan kelas sosial humaniora pada ekonomi serta sosiologi.

Ronny menambahkan, tenaga pendidik di SMA Al Masoem juga telah dipersiapkan untuk mendukung sistem pembelajaran berbasis minat ini.

“Kami memiliki guru yang siap mengajar sesuai dengan minat dan bakat siswa, sehingga pembelajaran berjalan maksimal,” tutupnya. (kos)

0 Komentar