Dr Aqua Dwipayana Bagikan Gratis Buku "Super Best Seller" Karyanya kepada Ratusan Gen Z dan Dosen di Unand

Dr Aqua Dwipayana Bagikan Gratis Buku \"Super Best Seller\" Karyanya kepada Ratusan Gen Z dan Dosen di Unand
Dr Aqua Dwipayana Bagikan Gratis Buku \"Super Best Seller\" Karyanya kepada Ratusan Gen Z dan Dosen di Unand
0 Komentar

Manajemen waktu, ucap bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu, juga menjadi aspek penting dalam pengembangan soft skills. Menggunakan alat perencanaan seperti kalender digital atau aplikasi to-do list bisa sangat membantu. Membuat daftar prioritas dan menyelesaikan tugas berdasarkan urgensi serta kepentingannya adalah kunci agar waktu dapat digunakan secara efisien. Teknik seperti Pomodoro juga dapat digunakan untuk mengatur waktu bekerja dan beristirahat, sehingga terhindar dari kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan.

Bagi yang ingin mengasah kemampuan kepemimpinan, menurut Dr Aqua Dwipayana perlu mengambil peran pemimpin dalam proyek atau organisasi adalah kesempatan yang baik. Memahami berbagai gaya kepemimpinan, seperti transformasional atau demokratis, akan membantu seseorang menemukan gaya yang sesuai dengan situasi tertentu. Namun, menjadi pemimpin bukan berarti selalu memimpin. Menerima umpan balik dari orang lain mengenai gaya kepemimpinan yang diterapkan juga penting agar dapat terus memperbaiki diri.

Kolaborasi tambah Dr Aqua Dwipayana adalah bagian yang tidak terpisahkan dari soft skills. Berpartisipasi dalam proyek kelompok memberikan pengalaman nyata tentang bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, belajar bernegosiasi dan menyelesaikan konflik secara damai akan sangat berguna, tidak hanya di tempat kerja tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Menyelesaikan perbedaan pendapat dengan tenang dan mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak adalah keterampilan yang perlu dipelajari dan terus diasah.

Baca Juga:Literasi Inklusi Keuangan Bersama Agen Pegadaian Cabang SumedangSantri Ponpes Al-Hikamussalafiyyah Terjun Lapangan Mengabdi ke Masyarakat

Dalam proses mengembangkan soft skills, ujar motivator kawakan itu penting untuk terus berlatih dan mengevaluasi diri secara berkala. Jangan ragu meminta umpan balik dari orang lain tentang aspek yang masih perlu diperbaiki. Ini akan membantu seseorang untuk memahami area mana yang perlu ditingkatkan.

Refleksi diri setiap minggu atau bulan tutur Dr Aqua Dwipayana juga bisa menjadi cara efektif untuk mengukur perkembangan dan menentukan langkah-langkah perbaikan ke depannya. Menambah pengetahuan dengan membaca buku atau menonton video yang membahas soft skills, seperti karya “How to Win Friends and Influence People” oleh Dale Carnegie, bisa menjadi inspirasi tambahan untuk terus berkembang.

0 Komentar