oleh

Bupati Tutup Kawasan Wisata di Pacira Sementara Waktu

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Dalam upaya menekan penyebaran wabah Corona Virus Disease (covid)-19 di Kabupaten Bandung, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengintruksikan seluruh kawasan wisata di wilayahnya untuk sementara ditutup. Terlebih, untuk kawasan yang berada di Bandung Selatan, Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira).

“Kita tutup sementara sampai kita bisa melihat perkembangan situasi yang memang benar-benar aman untuk kesehatan dan keselamatan semua masyarakat,” kata Bupati Dadang Supriatna saat inspeksi mendadak ke lokasi pemandian air panas Walini di Rancabali, belum lama ini.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini pun meminta pengertian dan kerjasama dari semua pihak untuk bisa memaklumi kondisi ini.

“Saya sudah memprediksikan, usai perayaan Idul Fitri kemungkinan besar akan banyak pengunjung yang akan berwisata ke Kabupaten Bandung. Tidak hanya dari wisatawan lokal, pengunjung di luar Kabupaten Bandung pun dinilainya akan antusias mendatangi kawasan di Pacira ini,” ungkap pria yang akrab disapa Kang DS ini.

Kang DS sangat menyadari bahwa pihaknya harus tetap fokus pada pemulihan ekonomi daerah. Namun saat ini, kata dia, keselamatan warganya lebih penting.

“Kalaupun nanti dibuka kembali, saya akan sangat ketat memantau penerapan protokol kesehatannya. Ekonomi memang penting untuk keberlangsungan hidup, namun kesehatan pun lebih utama. Semoga pandemi covid-19 ini cepat berakhir”, paparnya.

Dia meminta setiap pengelola harus menghitung jumlah pengunjung yang sudah masuk, dan berapa yang sudah pulang.

Bila jumlahnya sudah 50% dari kapasitas, lanjut dia, pengelola wisata harus menghentikan pengunjung yang masuk

“Stop dulu atau waiting list lah. Kalau pengunjung yang sudah masuk ada yang pulang, baru boleh memasukkan yang waiting list tadi,” katanya.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, Kang DS menilai terdapat pelanggaran protokol kesehatan (protkes) dan tingkat kunjungan wisatawan yang tidak terkendali di kawasan Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira).

Oleh karena itu, mulai malam ini untuk sementara waktu, seluruh reservasi check in di kawasan wisata Pacira ditutup.

“Pengunjung otomatis sudah tidak bisa masuk. Sampai kapan, kita akan lihat besok. Mana yang masih boleh buka, mana yang harus tutup. Menurut hasil evaluasi sementara, wisata kolam renang akan ditutup total,” ujarnya.

Sementara untuk tempat wisata selain kolam renang, kata Kang DS, masih bisa menerima pengunjung dengan tetap mengedepankan penerapan prokes.

“Kalau pun dibuka, harus tetap menerapkan protkes dengan ketat dan kapasitasnya cuma 50%. Kalau sudah penuh dan pihak pengelola sudah melakukan pembatasan, wisatawan jangan maksa masuk. Mohon pengertiannya, karena ini untuk keselamatan wisatawan juga,” pungkasnya. (cr2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *