Mengukur potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Di Jabar

Mengukur potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Di Jabar
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM –  Masa pandemi belum berakhir, namun tuntutan yang dihadapi saat ini, kesehatan harus pulih, ekonomi juga harus bangkit.

Kondisi faktual yang terjadi beberapa bulan terakhir antusias masyarakat di sektor pariwisata sangat tinggi. Hal ini, dibuktikan dengan ribuan orang mendatangi objek wisata di beberapa wilayah di Jabar.

Berkaca dari kondisi itu, pemulihan ekonomi masih ada harapan . Salah satunya didukung dengan dukungan sektor pariwisata.

Baca Juga:Hendak Ke Kampung Buricak Burinong, Mobil Pengangkut Wisatawan Masuk Jurang, Satu Orang Meninggal di Lokasi KejadianFighting Tournament Airlangga Hartarto Cup 2022 Perebutkan Rp2 Miliar

“Di era pandemi Covid 19 yang saat ini belum berakhir, hal yang dibutuhkan adanya strategi, dengan orientasi “pengembangan pariwisata sinergi dengan pemulihan kesehatan,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Merujuk kepada laporan yang diterima pihak Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, ungkap Heri dalam tahun 2020, dimana dalam kondisi itu keadaan di berbagai sektor telah terdampak Covid 19, sektor pariwisata ternyata masih bisa bertahan.

“Hal ini, dibuktikan dengan kontribusi pariwisata pada PDRB, dari target 2,65 persen, realisasinya mencapai 2,85 persen,” tuturnya.

Keberhasilan juga nampak dari jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Jabar baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara.

“Realisasi jumlah kunjungan wisatawan , untuk wisatawan mancanegara dari target 30.000, realisasinya mencapai 31.610 atau mencapai 105,37 persen,” terang dia.

Sementara untuk kunjungan wisatawan Nusantara, dari Target 15.000.000, realisasinya mencapai 35.513.885 atau mencapai 236,76 persen.

“Indikator keberhasilan ini, dengan mensinergikan dengan program yang direalisasikan , dari laporan yang diterima ada korelasi dengan ketercapaian program dari Target yang sudah ditentukan,” kata politusi Partai Gerindra itu menuturkan.

Baca Juga:NASA : Gerhana Matahari Cincin Api akan Terjadi pada  Bulan iniPencuri Tak berkutik, Saat Tertangkap Basah Mencuri Potongan Besi Sutet

Program itu antara lain, destinasi wisata dari target 1,47 persen, realisasinya mencalai 1,47 persen serta promosi pariwisata dari Target 9,52/2, realisasinya mencapai 52,38 persen/11.

Heri, lebih lanjut mengatakan melihat antusias masyarakat berkunjung ke objek wisata, yang terpantau selama masa libur lebaran, lebih banyak ada di kawasan wisata pantai.

“Kondisi ini, berdampak pada munculnya kerumunan di objek wisata tertentu. Dalam masa pandemi Covid 19, hal ini harus dihindari, agar tak menyebabkan munculnya kasus Covid 19,” ungkapnya.

Sebagai solusi untuk mengatasi persoalan ini, Pemprov. Jabar perlu terus memperkuat promosi pariwisata di daerah-daerah yang saat ini belum cukup didatangi masyarakat.

0 Komentar