oleh

Pemerintahan Desa Sukaratu Apresiasi Pelaku Seni Tradisional

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Pemerintah Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja mengapresiasi pelaku seni tradisional di wilayahnya.

Kesenian tradisional harus dipertahankan, lebih dilestarikan serta dikembangkan lagi. Seperti disampaikan Kepala Desa Sukaratu Sahya Sukarya Putra kepada Sumeks,

Menurutnya, pelestarian seni tradisional harus digalakan dari mulai tingkat desa. Dengan adanya pemahaman pihak desa terkait kondisi kesenian tradisional, maka kendala yang menyulitkan kesenian itu berkembang akan diketahui.

“Kita selaku pemerintah desa, sudah seyogyanya ikut menjaga dan melestarikan seni tradisional yang ada di lingkungan kita,” kata Sahya.

Dia menerangkan, salah satu seni tradisional yang ada di Desa Sukaratu, yaitu jenis kesenian degung. Kesenian tersebut saat ini mulai menggeliat di kalangan masyarakat. Namun, bukan berarti bisa maju pesat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat setempat.

“Jenis kesenian degung, jadi salah satu seni tradisional yang ada di desa ini (Sukaratu). Semua pihak harus ikut melestarikannya,” kata dia.

Menurutnya, lemahnya perkembangan seni tradisional biasanya dipengaruhi oleh kurang berdayanya para pelaku seni tersebut.

“Kenapa seni tradisional sering kali harus ditinggalkan oleh para pelakunya, hal itu dikarenakan mereka tidak diberdayakan,” ucapnya.

Seharusnya, kata dia, masyarakat yang punya niatan menggelar hiburan pada acara hajatan, seni tradisional yang ada di lingkungan desa tersebut ditampilkan.

“Kalau seni tradisional ingin tetap ada, maka masyarakat harus menggunakannya,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *