oleh

Sekda Sumedang Sebut Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu akan Segera Dituntaskan

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman memastikan proses pembebasan lahan proyek pembangunan jalan Tol Cisumdawu akan tuntas 100 persen. Terutama, bagi pemukiman warga yang menjadi terdampak tol.

“Seperti di Desa Cibeureuyeuh Kecamatan Conggeang, dari 353 bidang yang akan digarap proyek jalan tol, sebanyak 162 bidang kini sudah dibebaskan,” ujar Sekda kepada awak media usai menghadiri proses pembayaran ganti untung dan pelepasan hak do Desa Cibeureuyeuh, belum lama ini.

Sekda meminta kepada warga deaa yang belum mendapatkan ganti untung sebanyak 191 bidang agar bersabar. Berkas untuk lahan yang belum dibebaskan saat ini tengah di proses di lembaga aset negara atau LMAN selaku juru bayar tol Cisumdawu.

Dia juga meminta kepada warga yang sudah mendapatkan ganti untung agar bijak menggunakannya.

“Sehingga, kualitas kehidupan warga setelah pembangunan jalan tol Cisumdawu akan jauh lebih sejahtera,” harapnya.

Sekda menegaskan, kepada semua warga yang terdampak tol Cisumdawu yang mendapatkan ganti untung agar melaporkan kepada pemerintah setempat atau pihak berwajib bila ada pungli.

“Pemerintah akan terus mengawal pembebasan dan pembangunan jalan tol sampai tuntas. Termasuk, untuk desa dan kecamatan lain yang akan dilintasi tol Cisumdawu,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Cibeureuyeuh sempat resah atas kedatangan alat berat proyek tol Cisumdawu. Keresahan yang terjadi akibat lahan yang terkena pembangunan tol Cisumdawu sebagian besar merupakan pemukiman. Sedangkan pembayaran tol belum tuntas dilakukan. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *