oleh

Kelompok Usaha Jadi Wadah Pemberdayaan Masyarakat

SUMEDANGEKSPRES COM – Selain infrastruktur yang jadi prioritas pembangunan Desa Cijati Kecamatan Situraja, pembentukan kelompok usaha di masyarakat juga menjadi salah satu celah untuk pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi.

Pemerintah Desa Cijati menegaskan, pada dasarnya masyarakat harus berada dalam satu ikatan kelompok sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Dalam hal ini, pemerintah desa tersebut akan mudah mengakomodir masyarakat yang memiliki kemampuan.

Seperti disampaikan Kepala Desa Cijati Junjun Junaedi kepada Sumeks, baru-baru ini.

Dia menyebutkan, warga yang punya kemampuan memelihara ternak, buat kelompok ternak. Warga yang ahli dibidang perikanan, bentuk kelompok perikanan dan begitu juga bagi masyarakat yang menguasai home industri, segera bentuk kelompok industrinya.

“Kalau sudah terbentuk kelompok dengan masing-masing kemampuannya, maka kita akan mudah memberdayakannya,” katanya.

Dikatakan, phaknya bisa mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat melalui kelompok tersebut. “Jadi kalaupun kita mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat, jadi lebih efektip,” katanya.

Selain itu, kucuran bantuan dari pemerintah akan dengan mudah didapatkan saat dimasyarakat sudah ada wadahnya.

“Bantuan dari pemerintah pun bisa didapatkan, saat di masyarakatnya sudah ada wadah,” ucapnya.

Dengan begitu, kemajuan pembangunan infrastruktur akan berdampingan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Jadi tidak terjadi ketimpangan, tidak hanya pembangunan saja yang bagus, tapi perekonomian masyarakat juga bisa berdampingan,” kata dia. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *