Puskesmas Cisitu Sediakan Ruang Isolasi Darurat

Puskesmas Cisitu Sediakan Ruang Isolasi Darurat
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Puskesmas Cisitu sediakan ruang isolasi darurat pasien covid 19. Untuk memisahkan pasien covid 19 dan pasien umum pihak puskesmas menyiasatinya dengan membuat sekatan.

Sekretaris daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman sangat mengapresiasi upaya kreatifitas yang dilakukan pihak puskesmas.

“Upaya penyekatan ini cukup kreatif, pasien covid 19 memang harus terpisah dengan pasien biasa. Hal itu untuk mengurangi resiko paparan covid 19,”kata dia saat melakukan peninjauan terhadap puskesmas Cisitu yang didampingi muspika setempat, baru-baru ini.

Baca Juga:Hindari Kerumunan Saat Vaksinasi Massal, Ketua KPCPEN; Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19Lindungi Tenaga Kesehatan, Menko Airlangga: Vaksin Dosis Ketiga Segera Dilakukan

Dia menerangkan, ruang isolasi darurat tersebut, merupakan salah satu sarana yang disediakan untuk melayani masyarakat yang terpapar covid 19, baik dalam keadaan gejala ringan ataupun berat.

“Jadi semua masyarakat yang terpapar dan bergejala harus mendapatkan perawatan pihak puskesmas, di tempat isolasi darurat ini pasien bisa transit dulu sebelum dirujuk ke RSUD Sumedang, kalau memang tidak bisa ditangani di puskesmas,”kata dia
Dia menegaskan, semua puskesmas harus bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat meski dalam kondisi darurat.

Kepala Puskesmas Cisitu, Drg. Encep Dudun menerangkan, bahwa dimasa PPKM Darurat ini pihaknya berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik buat masyarakat, salah satunya menyediakan ruang isolasi darurat yang juga bisa dijadikan tempat transit warga yang terpapar covid 19.

“Iya ini kita sediakan untuk isolasi darurat, ruangannya kita sekat-sekat untuk memisahkan paisen covid 19 dan umum,”kata dia.

Plt Camat Cisitu, Dadang Sundara menyebutkan, pihaknya selaku satgas penanganan covid 19 ditingkat kecamatan, lebih fokus kepada memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat.

Sebab, kesadaran masyarakat untuk menekan penyebaran covid 19 merupakan kunci utama untuk mengembalikan kondisi kembali normal.

“Kita terus lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, bahkan kita lakukan patroli secara rutin,”kata dia (eri)

0 Komentar