DPRD Temukan Masih Ada Puskesmas Minim Fasilitas

DPRD Temukan Masih Ada Puskesmas Minim Fasilitas
0 Komentar

SUMEDANHEKAPRES.COM -Tinjauan DPRD Kabupaten Sumedang, sarana penunjang di puskesmas masih ada yang kurang siap tangani pasien covid 19 . Melihat kondisi di lapangan, sarana penunjang untuk memberikan pertolongan pertama kepada pasien Covid 19 masih perlu dilengkapi.

Salah satunya Puskesmas Darmaraja, di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat karena kasus covid 19 belum bisa dikendalikan, masih ada beberapa sarana penunjang yang perlu diperhatikan.

” Puskesmas Darmaraja secara umum siap menjadi tempat perawatan pasien covid 19 yang bergejala ringan dan sedang. Hanya saja oksigen dan APD belum mencukupi,”kata Ketua Komisi lll pada DPRD Kabupaten Sumedang, H. Mulya Suryadi,S.pd.,M.kom
Dia menerangkan, di Puskesmas Darmaraja, tempat untuk pasien covid 19, ada 8 bad sedangkan tabung oksigen hanya ada 2 itupun digunakan untuk pasien umum.
Selain itu, dari sisi ruangan pun di puskesmas tersebut belum memenuhi standar untuk pasien covid karena sirkulasi udaranya juga harus benar aman.

Baca Juga:Kapolres Sebut Pelanggaran PPKMD di Sumedang Masih TinggiUntuk Pemulasaraan Jenazah, Satgas Covid 19 Sediakan Nomor Kontak Layanan di Setiap Kecamatan

“Ruangan juga menurut saya sirkulasi udaranya masih belum ideal, kasian tenaga medis kalau sirkulasi udaranya seperti yang ada sekarang,”katanya
Sementara itu,hasil tinjauan di Puskesmas Wado kelengkapan penunjangnya memang sudah sangat siap dan fasilitas juga lengkap.

“Kalau Puskesmas Wado sudah sangat siap,”kata dia
Dikatakan, DPRD meminta pihak pemerintah melalui dinas kesehatan untuk segera melengkapi fasilitas rawat inap khusus covid 19 di puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Sumedang.
“Langkah kita terkait hal itu, akan mendorong pemerintah untuk segera melengkapi fasilitas di tiap-tiap Puskesmas,”katanya (eri)

0 Komentar