oleh

Tegalmanggung Optimalkan Posko Terpadu Covid-19

SUMEDANGEKSPRES COM –  Posko terpadu penanganan Covid 19 di masa PPKM Darurat di Desa Tegalmanggung Kecamatan Cimanggung melibatkan seluruh unsur masyarakat.

Puluhan paket sembako berisikan beras, minyak goreng, susu dan mie instan dibagikan kepada warga yang tengah isolasi mandiri. Juga, kepada warga yang ekonominya terdampak akibat pandemi covid 19.

“Sejumlah sembako ini dibagikan kepada warga terdampak PPKM Darurat dan sedang isolasi mandiri,” terang Kepala Desa Tegalmanggung Cecep Ali Hasan di lokasi kegiatan pembagian sembako di tengah pandemi ini, baru-baru ini.

Selain pembagian sembako, kata dia, pihak desa juga mengajak warganya melakukan vaksinasi yang berlangsung di Aula Kantor Desa Tegalmanggung.

“Kami dibantu Babinsa, Babinmas dan Linmas membagikan sembako dan mengajak warga mendapatkan vaksin dengan tim medis dari Puskesmas Cimanggung,” terangnya.

Menurutnya, posko desa dibentuk untuk menjadi posko penanganan dalam melakukan pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan PPKM Darurat.

Dalam melaksanakan fungsinya, kata Cecep, posko tingkat desa tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Cimanggung. Dengan demikian, peran kepala desa menjadi sentral dalam optimalisasi fungsi posko terpadu tersebut.

“Yang harus dilakukan untuk penanganan Covid-19 harus tetap teridentifikasi sebagai bagian dari pencegahan, penanganan, pembinaan, dan melaksanakan fungsi pendukung,” ucapnya.

Kemudian, menurut dia, kepala desa wajib menerbitkan surat izin/surat keterangan mobilitas warga yang keluar dan masuk desa. Begitu pula bagi warga yang tidak berdomisili tetap di desa itu.

“Kami memastikan eksistensi peran posko penanganan Covid-19 terlaksana secara efektif dan efisien dalam rangka pelaksanaan PPKM darurat dengan menguatkan fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan kegiatan,” paparnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *