Desa Cileles Bentuk Aplikasi Cileles Smart

Desa Cileles Bentuk Aplikasi Cileles Smart
CIPTAKAN APLIKASI: Petugas pelayanan Desa Cileles Kecamatan Jatinangor sedang berjalan di depan Kantor Desa Cileles. FOTO: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM  – Teknologi informasi semakin canggih. Hal itu dimanfaatkan Pemdes Cileles Kecamatan Jatinangor untuk mempermudah kepada masyarakat dengan menggarap sebuah aplikasi.

Seperti dikatakan Kepala Desa Cileles Duduy Abdul Holik kepada Sumeks, belum lama ini.

Dikatakan, pihaknya menggodok IT atau sistem aplikasi untuk pelayanan. Cileles Smart merupakan aplikasi pelayanan berbasis android dengan memanfaatkan teknologi informasi memudahkan pelayanan. Selain itu, warga pun tidak perlu mengantri saat hendak melakukan kepengurusan surat-surat.

Baca Juga:Bupati Turun Tangan, FKPP Sumedang Tak Jadi Kibarkan Bendera KuningWisata Cipanas Cileungsing Kibarkan Bendera Kuning. Asep: Simbol Matinya Pariwisata Akibat Pemberlakuan PPKMD

“Kami sadar bahwa warga Desa Cileles belum sepenuhnya memahami teknologi berbasis Android,” terangnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama perangkat desa telah gencar lakukan sosialisasi kepada warga terkait akan dibentuknya aplikasi guna memudahkan pelayanan.

“Saya waktu dilantik bulan Januari, aplikasi sudah mulai disiapkan. Tahap sekarang sosialisasi sambil pematangan aplikasi. Saat ini Desa Cileles memang sudah memiliki website dengan nama domain pemdescileles.com,” terangnya lagi.

Sejauh ini, masih kata Holik, aplikasi yang tengah dimatangkan itu akan lebih efisien sebab tidak hanya terbatas sebagai media informasi Desa Cileles saja.

“Masyarakat desa kami bisa membuka langsung
pemdescileles.com. Itu merupakan media informasi transparansi,” ucapnya.

Aplikasi Cileles Smart nantinya dapat terhubung langsung dengan sistem Pemerintahan Daerah Sumedang.

Menurut Holik, aplikasi Cileles Smart nantinya selain dapat memudahkan warga dalam pelayanan juga dapat menjadi media informasi. (kos)

0 Komentar