Kapolri: Kesehatan Buruh Harus Selalu Terjaga Agar Ekonomi Tetap Tumbuh

Kapolri: Kesehatan Buruh Harus Selalu Terjaga Agar Ekonomi Tetap Tumbuh
GALAKKAN: Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi yang dilakukan terhadap buruh di PT Kahatek Kecamatan Cimanggung. FOTO: ISTIMEWA
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di PT Kahatex, Sumedang.baru- baru ini.

Kapolri menekankan soal pentingnya kesehatan menjadi prioritas untuk bergeraknya aktivitas dan roda perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Dia menyebutkan, sebagai salah satu penggerak ekonomi, buruh harus tetap sehat agar dijauhi dari paparan virus corona.

Baca Juga:Sekda Sumedang Pastikan Insentif Nakes Cair Minggu IniKONI dan Kejaksaan Negeri Sumedang Dukung Atlet Capai Target

“Yang jelas, saya ingin bahwa kesehatan buruh tetap terjaga ekonomi tetap bertumbuh. Oleh karena itu, dua-duanya harus bisa jalan,” katanya.

Kapolri juga mengatakan, buruh dapat dikategorikan sebagai salah satu kelompok yang disebut pahlawan devisa bagi Indonesia. Khususnya, mereka yang bekerja terkait dengan bidang ekspor-impor.

“Percepatan vaksinasi, khususnya bagi kawan-kawan kami buruh. Kami tahu buruh salah satu pahlawan devisa karena dengan kekuatan ekspor selama ini yang dilakukan rekan-rekan. Dengan demikian, kami memiliki kewajiban untuk menjaga agar kawan-kawan buruh semuanya selalu sehat,” ujarnya.

Guna melakukan akselerasi, pemerintah akan mengerahkan 15.000 vaksin bagi buruh di Jawa Barat. Agar terciptanya kesehatan yang kuat bagi buruh, sehingga roda perekonomian kembali berputar.

“Kegiatan vaksinasi kami turunkan 15 ribu vaksin. Dan, kalau masih kurang bisa dikoordinasikan kembali,” ucapnya.

Angka harian Covid-19 masih terbilang tinggi, lanjut dia, buruh diharapkan untuk tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. “Walaupun sudah melaksanakan vaksinasi, namun tetap prokes harus dilakukan. Seperti, gunakan masker setelah kegiatan vaksinasi. Sehingga, prokes bisa dilaksanakan dan vaksinasi tentu kita galakan,” katanya

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi mengatakan untuk mengendalikan pandemi Covid-19, vaksinasi menjadi salah strategi penanganannya. Selain protokol kesehatan 3M dan penguatan 3T.

Baca Juga:Prediksi Menko Airlangga Tepat, Ekonomi Tumbuh Tujuh PersenGanjil Genap, Strategi Jangka Panjang Penanganan Covid

“Tiga hal ini penting karena varian yang ada di Indonesia adalah Delta yang penularannya lebih cepat,” ujarnya.

Selain vaksinasi, Panglima TNI dan Kapolri juga menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada buruh dan masyarakat untuk meringankan beban di tengah pandemi Covid-19.(kga)

0 Komentar