Armada Damkar Darmaraja Tidak Layak Pakai

Armada Damkar Darmaraja Tidak Layak Pakai
TIDAK LAYAK: Mobil Damkar Wilayah Darmaraja terparkir di Kantor UPT Damkar Kecamatan Darmaraja, baru - baru ini. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Armada kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) unit Darmaraja sudah tidak layak pakai.

Kondisi kendaraan damkar yang biasa digunakan untuk pelayanan masyarakat, saat ini dinilai sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Pasalnya, kondisi fisik mobil tersebut sudah tidak nyaman digunakan, apalagi untuk memadamkan kebakaran.

Pantauan Sumeks, sering terjadi kendala saat mobil damkar tengah melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Seperti beberapa waktu lalu, kendaraan damkar terperosok saat tengah memadamkan kebakaran di bangunan tempat sampah Desa Tarunajaya. Hal itu terjadi karena rem blong saat parkir mundur.

Baca Juga:Tiga Rumah Belum Ada Kejelasan Ganti Rugi Tol, Warga Berharap Penggantian SecepatnyaProgram Kartu Prakerja: Menjadi Best Practice dan Pilot Project Program Nasional Lainnya

Kepala UPT Damkar wilayah Darmaraja Mulyono mengakui dengan kondisi kendaraan damkar yang sudah tidak layak pakai. Namun karena tidak ada armada lain, petugas damkar memaksakan kendaraan tersebut untuk digunakan.

“Memang mobil ini sudah tidak layak pakai, tapi mau bagaimana lagi. Karena, cuma ini satu-satunya fasilitas kami, ya tetap kami paksakan dengan berbagai resiko,” kata dia.

Pihaknya menerangkan, tak jarang kendaraan tersebut mengalami kendala seperti mogok pada saat menjalankan tugas untuk melakukan pelayanan.

“Anggota kami juga sering mengeluh terkait kondisi armada tersebut,” kata dia.

Apalagi, UPT Damkar Darmaraja meliputi beberapa kecamatan yang kondisi jalannya cukup ekstrim, seperti wilayah Jatinunggal dan Cibugel.

“Yang paling beresiko pada saat kita mejalankan tugas ke wilayah Cibugel,” tegasnya.

Dia pun memohon, agar pemerintah memprioritaskan fasilitas untuk pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga:Tunjukkan Penguatan Fundamental Pemulihan Ekonomi, Neraca Perdagangan Kembali SurplusSebuah Rumah Permanen di Tanjungsari Hangus Terbakar

“Mungkin kendalanya dianggaran. Tapi kalau pemerintah memprioritaskan, sepertinya kendaraan damkar bisa diganti dengan yang benar-benar layak,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar