Dinkes Apresiasi Akademisi dalam Penanganan Covid 19

Dinkes Apresiasi Akademisi dalam Penanganan Covid 19
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman SSos MKes mengapresiasi bantuan UPI Sumedang dalam penanganan covid 19. (Foto: Ahmad Sofa/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman SSos MKes mengapresiasi keterlibatan UniversItas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Sumedang dalam penanganan Covid – 19.

Dikatakan, UPI Sumedang melalui Prodi Keperawatan, baik itu D3 ataupun S1, telah banyak berkontribusi terhadap upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Diantaranya, mereka tergabung di Rumah Titirah Simpati yang berlokasi di Islamic Center.

“Di Rumah Titirah Simpati itu mereka melakukan penanganan terhadap pasien – pasien Covid-19 yang melakukan perawatan di Rumah Titirah Simpati tersebut. Tentunya, bersama senior- senior perawat yang ada di Puskesmas dan Dinas Kesehatan,” ujar Dadang kepada Sumeks, belum lama ini.

Baca Juga:Kompensasi Dampak Tol Belum Dibayar, Didin Pilih BertahanPesan Ridwan Kamil kepada Generasi Muda: Selalu Bawa Kebermanfaatan

Selain itu, kata dia, Prodi S1 Keperawatan melakukan praktek di Puskesmas – Puskesmas terkait penanganan kasus Covid-19. Mereka juga ikut aktif di dalam pelaksanaan program vaksinasi.

Dadang menilai, ini adalah wujud kerjasama yang baik. Dimana, sudah ada keterlibatan berbagai pihak termasuk diantaranya unsur dari akademisi, salah satunya UPI Kampus Sumedang.

“Mereka langsung menerjunkan para Dosen dan Mahasiswanya untuk terlibat dengan kami. Keuntungannya, di suatu sisi sebagai Mahasiswa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam penanggulangan Covid-19 ini. Tapi di sisi lain, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan pada saat tingginya kejadian kasus Covid-19, tentunya sangat terbantu dengan keterlibatan pihak UPI Kampus Sumedang ini,” jelasnya.

“Ini sangat luar biasa, saya atas nama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mengapresiasi UPI Kampus Sumedang, khususnya Prodi Keperawatan baik S1 ataupun D3. Saya mengucapkan terimakasih yang luar biasa, Insya Allah barangkali nanti setelah pandemic ini usai, apresiasi tertulis akan kami buatkan. Karena, untuk sekarang ini masih terus mengendalikan pandemi Covid 19,” terangnya.

Dadang mengimbau perguruan tinggi lain yang bukan hanya prodi kesehatan diminta untuk terus aktif mensosialisasikan program – program terkait pengendalian pandemic Covid-19. Diantaranya, adalah optimalisasi protokol kesehatan, mau mensosialisasikan program 3T dan sosialisasi vaksinasi dan sasaranya. (ahm)

0 Komentar