UPI Kampus Sumedang Terlibat Langsung Dalam Penanganan Covid 19

UPI Kampus Sumedang Terlibat Langsung Dalam Penanganan Covid 19
0 Komentar

Prodi Keperawatan Terjun Langsung Jadi Relawan

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Keterlibatan civitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Sumedang, khususnya mahasiswa prodi keperawatan, dalam membantu penanganan covid 19 di rumah sakit maupun Puskesmas, banyak mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Pasalnya, di saat pasien kasus covid 19 meningkat di Sumedang, beberapa waktu lalu, otomatis membuat para tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit dan puskesmas harus bekerja ekstra. Bahkan, tidak sedikit nakes yang ikut terpapar penyakit tersebut, sehingga harus melakukan isolasi mandiri maupun di rumah sakit.

Dalam kondisi seperti itu, UPI Kampus Sumedang melalui para mahasiswa prodi keperawatan, baik itu program D3 maupun S1, merasa terpanggil untuk turut serta membantu menjadi relawan di rumah sakit maupun di sejumlah Puskesmas.

Baca Juga:Dinkes Apresiasi Akademisi dalam Penanganan Covid 19Kompensasi Dampak Tol Belum Dibayar, Didin Pilih Bertahan

“Alhamdulillah, kami bisa ikut berkontribusi bersama para mahasiswa dengan terlibat langsung menjadi relawan di rumah dan Puskesmas-puskesmas. Sebab, saat kasus covid meningkat di Sumedang beberapa waktu lalu, kebutuhan nakes meningkat tapi keberadaan nakes sendiri menjadi berkurang karena banyak yang terpapar dan menjalani isolasi,” ujar Ketua Prodi Keperawatan S1 UPI Kampus Sumedang Hj Iis Aisyah SKp MKep MM kepada Sumeks, kemarin (19/8).

Iis mengatakan, awal mula keterlibatan UPI Kampus Sumedang dalam penanganan langsung covid 19, setelah adanya pertemuan antara Pemkab Sumedang dengan sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Waktu itu, Pemkab melalui Pak Sekda berdiskusi melalui zoom meeting bersama kami dan perguruan tinggi lainnya di Sumedang, terkait kondisi meningkatnya kasus Covid di Sumedang. Yang intinya, dibutuhkan dari kampus-kampus yang bisa menurunkan langsung relawan nakes untuk pelayanan covid 19. Dan, UPI sendiri sangat antusias untuk terlibat langsung. Bahkan, kami menurunkan paling banyak relawan dari mahasiswa keperawatan,” ujar Iis.

Untuk mahasiswa prodi keperawatan D3, kata Iis, sudah diturunkan sejak adanya diskusi antara Pemkab dengan sejumlah Perguruan Tinggi, yakni pada 16 Juli sampai 20 Agustus. Dan untuk mahasiswa keperawatan S1, besok akan melanjutkan bertugas sebagai relawan di rumah sakit maupun di puskesmas-puskesmas.

“Alhamdulillah kami bisa membantu dengan terlibat langsung sebagai relawan nakes. Mudah-mudahan, ini juga menjadi pengalaman yang paling berharga bagi para mahasiswa-mahasiswa Prodi Keperawatan UPI Kampus Sumedang,” ujar Iis.

0 Komentar