Musim Kemarau, Warga Sindanggalih Alami Kekeringan

Musim Kemarau, Warga Sindanggalih Alami Kekeringan
Sumur pompa yang berada di dekat Jalan Raya Parakanmuncang-Simpang menjadi altenatif bagi warga Sindanggalih untuk mengambil air saat musim kemarau. (Foto: Engkos Koswara/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cimanggung – Sebagian warga Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung rela mengantre untuk mendapatkan air dari sumur pompa yang berada di dekat pabrik kulit PT Adira, Jalan Raya Parakanmuncang-Simpang.

Jika masuk musim kemarau, warga selalu memanfaatkannya untuk mengambil air ketika kekeringan melanda. Pasalnya, kemarau yang  melanda menyebabkan sebagian  sumur di rumah mereka kering.

Salah satu warga bernama Edi (70) mengatakan, sejak kemarau melanda warga rela mengantre demi air bersih untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

Baca Juga:Berita Hoax Ganggu Minat Warga Ikuti Program VaksinSering Jebol, Pemdes Cieunteung Bangun TPT Saluran Irigasi

Edi mengatakan, air di sumur miliknya sudah keruh lantaran terlalu sering diambil. Sehingga  tanah yang berada di dasar sumur ikut kebawa.

Menurutnya, selain pada siang hari, warga juga mengantre air pada waktu malam.

“Biasanya warga mengantre air di sumur pompa ini mulai pukul 22.00 sampai pukul 04.00. Ada yang nyuci langsung di sumur itu, ada juga airnya dibawa ke rumah buat mandi,” ujar Edi.

“Sebaiknya ada solusi dari pemerintah agar air untuk kebutuhan warga tercukupi,” imbuhnya. (kos)

0 Komentar