Ratusan Atlet Paragliding Siap Ikuti SPC 2021

Ratusan Atlet Paragliding Siap Ikuti SPC 2021
Salah seorang atlet paragliding tengah berlatih di Bukit Kampung Toga, Kabupaten Sumedang beberapa waktu lalu. (Foto: Sobar Bahtiar/Sumeks)
0 Komentar

Sumedang Dipercaya Menjadi Tuan Rumah

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota — Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumedang, dr. Rahmat Juliadi mengatakan, pihaknya akan menggelar kegiatan Sumedang Paragliding Championship (SPC) 2021 yang dimulai sejak tanggal 3 sampai 5 September 2021 nanti di Bukit Kampung Toga Sumedang.

Rahmat juga mengatakan, Kabupaten Sumedang dipercaya menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan event nasional tersebut dengan memperebutkan Kapuspotdirga Cup dan Bupati Cup.

“FASI bersama pihak terkait akan memulai kegiatan khususnya cabang olahraga paralayang secara offline dan juga online (hybrid) dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” ujarnya kepada, Kamis (2/9).

Baca Juga:Warga Desak Kades Berikan Solusi Pemindahan MakamKurangi Pencemaran Sungai, Jabar Dorong Peternak Olah Kohe Jadi Pupuk Organik

Menurut Rahmat, yang dimaksud offline dalam event paralayang itu adalah setiap lokasi akan tetap mengadakan lomba secara fisik, namun dengan pembatasan jumlah peserta. Sedangkan, online adalah penilaian lomba akan dikompilasi dari 2 lokasi menjadi sebuah hasil kejuaraan yang dikemas dalam Sumedang Paragliding Championship.

“Kami pastikan tidak ada penonton saat perlombaan berlangsung. Sebab, masyarakat dapat menonton secara online melalui chanel Youtube dan metode ini dikenal sebagai Online Paragliding Festival (OPF). Sedangkan untuk jenis lomba paralayang ini yakni, accuracy atau nomor ketepatan mendarat,” terangnya.

Selain itu, lanjut Rahmat, sejumlah syarat keikutsertaan pada event paralayang tersebut diantaranya, atlit harus memiliki lisensi paralayang yang berlaku atau valid license. Juga harus memiliki sertifikat vaksin minimal dosis pertama dan surat negatif Covid-19 serta wajib menggunakan parasut sesuai tingkatan kemampuannya.

“Demi suksesnya dan kelancaran kegiatan event paralayang ini, kami melibatkan sejumlah pihak terkait seperti, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora), tenaga medis, TNI, Polri, Satpol PP, SAR dan lainnya. Mudah mudahan kegiatan SPC 2021 berlangsung aman, lancar tanpa kendala hingga akhir perlombaan,” tuturnya.

Sementara itu, hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 200 atlet paralayang Nasional yang akan mengikuti acara Sumedang Paragliding Championship (SPC) 2021.

“Di antaranya 150 atlet akan ikut serta di Kampung Toga, Kabupaten Sumedang dan sisanya akan terbang di Bukit Gracia Skyline, Jayapura, Papua secara online,” ungkapnya. (red)

0 Komentar