Andalkan Pentahelix, Kampung KB Harus Tuntas di Tahun 2021

Andalkan Pentahelix, Kampung KB Harus Tuntas di Tahun 2021
Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang Dr Anna Hernawati Sabana MKM saat ditemui di kantornya. (Foto: Asep Nurdin/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Upaya mewujudkan desa maju dan mandiri, selama tahun 2021 ini Pemkab Sumedang berupaya keras membangun Kampung KB di setiap desa dan kelurahan.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang Dr Anna Hernawati Sabana MKM menyebutkan, dari 270 desa dan 7 kelurahan yang ada, Kampung KB baru terbangun di 56 desa dan di satu kelurahan.

“Ada PR sekitar 114 desa dan 6 kelurahan yang harus kita tuntaskan hingga akhir tahun ini,” katanya saat ditemui Sumeks di kantornya, belum lama ini.

Baca Juga:TPQ Rumah Imperium Kembali Adakan Kegiatan Tatap MukaWisata Kembali Dibuka, Camat Cicalengka Klaim Wilayahnya Masuk PPKM Level 2

Untuk mengejar target akhir tahun dapat terealisasi dengan baik, pihaknya melakukan berbagai macam cara. Salah satunya dengan pentahelix.

“Kita kenal pentahelix itu dengan ABCGM nya. Ada unsur Akademis nya, ada unsur Bisnis (swasta) nya, ada unsur Community (masyarakat), ada unsur Goverment (pemerintahan) serta Media massa,” tuturnya.

Jika semua unsur itu terlibat di dalamnya, kata Anna, maka besar harapan Kampung KB akan terwujud di setiap desa dan kelurahan di Sumedang

Lebih jauh Anna membeberkan, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu, yang didalamnya terdapat keterpaduan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga. Serta, pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

“Indikator keberhasilan Kampung KB ini ada lima. Antara lain, mampu melaksanakan fungsi secara oftimal, terbinanya kepesertaan ber KB, tersedianya pusat – pusat pelayanan KB, meningkatnya partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan serta tumbuh dan berkembangnya gotong royong masyarakat dalam membangun Kampung KB,” terangnya. (nur)

0 Komentar