Miliki Lab PCR, Percepat Penanganan Covid

Miliki Lab PCR, Percepat Penanganan Covid
Beberapa karyawan saat berada di Laboratorium PCR RSUD Sumedang memeriksa spesimen, kemarin. (Foto: Kegga Kegyan/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang kini memiliki dua layanan baru yang diresmikan langsung oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir. Kedua layanan itu yaitu laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Storage Liquid Oxigen dengan kapasitas 11 Ton.

Laboratorium PCR diharapkan dapat mempercepat penanganan kasus Covid-19 di wilayah Sumedang. Sedangkan tangki oksigen langsung tersambung dengan alat yang mengubah liquid (cair) menjadi gas dan langsung tersambung ke ruangan perawatan pasien.

Bupati mengklaim laboratorium ini disebut bisa memeriksa ratusan sampel spesimen Covid-19 setiap harinya.

Baca Juga:Uang Tol Belum Cair, Rumah Sekitar Sudah TergusurDampak Proyek Tol Cisumdawu, Sebagian Masyarakat Kehilangan Mata Pencaharian

“Laboratorium ini bisa memeriksa 212 sampel spesimen setiap harinya,” kata Dony saat di wawancarai awak media, Kamis (9/9).

Dony menjelaskan, laboratorium PCR ini merupakan laboratorium tambahan untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel spesimen Covid-19 yang ada di RSUD Sumedang.

Sebelum adanya Laboratorium PCR, untuk pemeriksaan pasien Covid sangat terbatas setiap hari nya. Dengan adanya laboratorium bisa membuat proses tracing lebih cepat.

“Proses pemeriksaan bisa lebih cepat, testing kita bisa lebih cepat lagi. Jika ada pasien yang dinyatakan positif bisa langsung dilakukan penanganan dan diisolasi,” jelasnya.

Sedangkan untuk tangki oksigen, rencananya selain untuk pasien rawat inap berkebutuhan oksigen, juga melayani kebutuhan oksigen di Puskesmas.

“Ini ikhtiar kami dalam penanganan Covid-19. Walapun saat ini Sumedang masih menyandang status zona kuning,” pungkasnya. (kga)

0 Komentar