oleh

Mobilitas Tinggi, Jalan Legok Sukatali Minta Perbaikan

Masyarakat Citepok Perbaiki Dengan Swadaya Murni

SUMEKS, Paseh – Masyarakat Desa Citepok Kecamatan Paseh memperbaiki ruas jalan kabupaten Legok Sukatali. Perbaikan dilakukan di segmen Desa Citepok titik 3,5 sampai 4,5 Km (batas desa Sukatali Citepok).

“Perbaikan dilakukan dengan cara di cor. Terutama dulakukan di tanjakan Dusun Baru dan Tanjakan Tonjong,” ujar Kepala Desa Citepok Abdul Majid di lokasi perbaikan, Minggu (12/9).

Perbaikan dilakukan murni sawadaya masyarakat dengan nilai material Rp 5 juta tambah swadaya masyarakat. Total diperkirakan mencapai Rp 10 juta.

“Masyarakat yang turun ke lokasi kurang lebih 100 orang masyarakat Desa Citepok.

Dikatakan, jalur ini sangat vital bagi mobilitas warga. Bukan hanya masyarakat Citepok, tapi lebih banyak digunakan warga luar Desa Citepok .

“Ini merupakan jalur alternatif, jalur pendidikan, jalur ekonomi dan jalur pertanian. Banyak warga, pelajar, petani dan pedagang menggunakan jalur ini. Jadi, jalur ini sangat penting bagi masyarakat secara umum,” jelasnya.

Majid menuturkan jalur kabupaten Legok Sukatali terakhir kali diperbaiki oleh Dinas PUPR Sumedang sekitar 2014. Sudah sekitar tujuh tahun jalan tidak diperbaiki, selama tujuh tahun tersebut jalan diperbaiki oleh masyarakat desa hampir tiap tahun.

“Selama ini Dinas PUPR Sumedang hanya mengontrol, tapi tidak memperbaiki. Kami berharap perbaikan segera dilakukan secepatnya agar mobilitas warga tidak terganggu,” tukasnya.

Tokoh masyarakat Desa Citepok Ace mengharapkan perbaikan jalan Legok Sukatali tuntas diperbaiki sebelum Exit Tol Cisumdawu selesai. Pasalnya, apabila pembangunan jalan tol selesai diyakini arus lalu lintas ke jalur ini akan meningkat.

“Jadi perbaikan tidak hanya pada jalan, tapi juga sarana pendukungnya seperti TPT dan lainnya. Ketika arus lalu lintas mulai meningkat, kesiapan jalan Kabupaten Legok Sukatali untuk menampung arus lalu lintas yang meningkat sudah siap dan nyaman digunakan,” jelasnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *