Peternak di Pelosok Minta Perhatian

Peternak di Pelosok Minta Perhatian
Pemilik peternakan unggas hias saat menunjukkan hewan peliharaannya, baru-baru ini. (Foto: YOGA ALKAMBAH/SUMEKS)
0 Komentar

Potensi Peternakan Sangat Besar

SUMEKS, Kota – Para peternak meminta pemerintah lebih melirik, memperhatikan dan mengelola potensi peternakan di Kabuoaten Sumedang.

Seorang peternak unggas hias asal Kecamatan Buahdua, Krisna, mengungkapkan kegundahannya terhadap potensi peternakan di Sumedang yang belum maksimal digarap pemerintah.

“Saya beberapa kali mengikuti seminar ekonomi di Sumedang Kota, hampir semua membahas makanan kering dan basah saja. Kenapa tidak ada yang membahas peternakan secara mendalam dan kontinyu? Padahal, potensi peternakan di Sumedang ini sangat besar,” ucap Krisna kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:Pelajar Cianjur Antusias Ikut Vaksinasi COVID-19Uu Ruzhanul Dampingi Menteri Koperasi dan UKM Tinjau Vaksinasi di Garut

Dia mengungkapkan kekesalannya yang tidak mendapatkan respon dari pemerintah setelah dua kali mengirimkan proposal bantuan untuk kelompok peternak di daerahnya.

“Saya sudah kirim proposal dua kali ke Dinas Peternakan dari tahun kemarin, tidak pernah ada respon. Meskipun ada respon isinya hanya perihal pengunduran dan pengunduran. Sampai sekarang belum ada kejelasan,” katanya.

Krisna menegaskan, peternak sangat membutuhkan peran dari pemerintah, terkhusus dari Dinas Peternakan yang mengelola langsung urusan Peternakan. Dia juga ingin pemerintah lebih tanggap dalam merangkul para peternak.

“Gini loh, biasanya di kampung yang berternak itu orang tua. Siapa yang bisa bikin proposal? Harusnya pemerintah lebih aktif dalam merangkul peternak. Jangankan yang tidak ada proposal, yang sudah mengirimkan proposal saja tidak ditanggapi,” ucapnya.

Krisna mengklaim peternak itu butuh adanya peran langsung dari pemerintah. Seperti pendampingan, permodalan, dan pengelolaan dari pemerintah.

“Peternak kita itu perlu di upgrading. Bukan hanya diberi seminar tanpa ada tindak lanjut. Beri kami pendampingan, jika memungkinkan sampai permodalan. Intinya tetap perhatikan peternak yang ada di Sumedang,” ucapnya.

Ditegaskan, jika ingin meningkatkan ekonomi daerah maka pemerintah harus membantu peternak untuk meningkatkan ekonominya.

Baca Juga:PON XX Papua 2021 Motivasi Ridwan Kamil ke Tim Sepak Bola dan Voli Pantai: Hasil Tidak Bohongi ProsesRidwan Kamil Tinjau Gebyar Vaksinasi Massal Balongan

“Jika ingin meningkatkan ekonomi daerah, maka tingkatkan ekonomi peternak. Apalagi potensi peternakan di Sumedang sangat besar,” katanya. (mg1)

 

0 Komentar