Sejak Pandemi, Kunjungan Masyarakat ke Puskesmas Menurun

Sejak Pandemi, Kunjungan Masyarakat ke Puskesmas Menurun
Puskesmas Cicalengka sepi pengunjung di masa pandemi covid 19. Penurunan mencapai 60 hingga 70 persen. (Foto: ENGKOS KOSWARA/BANTEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Cicalengka – Sejak masuknya virus covid-19 awal Maret 2020 lalu, jumlah kunjungan ke UPTD Puskesmas DTP Cicalengka Kabupaten Bandung terjadi penurunan.

Kondisi ini dimungkinkan akibat pandemi Covid-19. Dimana pasien rawat jalan maupun rawat inap mengalami penurunan hingga 60 sampai 70 persen.

Kepala UPT Puskesmas DTP Cicalengka dr Yanti Fadillah, mengatakan, terjadinya penurunan kunjungan ke puskesmas ini akibat pandemi Covid 19. Kunjungan masyarakat ke Puskesmas Cicalengka hanya untuk memeriksa penyakit ringan saja, tidak sampai ada yang dirawat.

Baca Juga:Mobile Vaksin Siap Datangi Perbatasan Sumedang BandungIPDN Berikan Solusi Permasalahan di Masyarakat

“Penurunan terjadi sejak Pandemi Covid 19. Dimana pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berkunjung, kalau tidak darurat,” ujar Yanti kepada Banteks, baru-baru ini.

Meskipun terjadi penurunan kunjungan, pihaknya tetap bertugas dalam melakukan pencegahan. Khususnya, di lingkungan sekitar puskesmas dan melakukan pemantauan terhadap masyarakat.

Meskipun demikian, tidak lantas tugas tenaga medis berkurang, tapi malah menambah beban tenaga medis. Karena harus melakukan pemantauan kondisi masyarakat di tengah pandemi ini.

Dijelaskan Yanti, dari data yang ada saat ini untuk ruang rawat inap ada 8. Dibagi menjadi dua, 4 ruangan laki-laki dan 4 ruangan perempuan.

“Ada juga 2 ruang anak dan 4 Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned). Dengan dilengkapi dokter umum. Jadi Pasilitas di UPTD Puskesmas Cicalengka sudah lengkap,” paparnya. (kos)

0 Komentar